Contoh Laporan Prakerin di PLN



BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Praktik Kerja Industri (Prakerin) ialah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang dibentuk agar siswa-siswi lulusan SMK harus memiliki kompetensi keahlian untuk melasanakan pekerjaan tertentu,dan mengembangkan dirinya baik secara vertical maupun horizontal dan memiliki keahlian untuk menjalani kehidupannya dimasa yang akan datang.

Maka subtansi kurikulum dipilih dan dikemas dengan pendidikan bebasis kompetensi,pendekatan berbasis luas dan pendekatan pengembangan kecakapan hidup.

Para siswa-siswi yang melaksanakan PRAKERIN diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia Kerja.

1.2 MAKSUD DAN TUJUAN

Perogram PRAKERIN disusun kerja sama antara sekolah dengan perusahaan,dalam rangka memenuhi persyaratan pengembangan program di SMK Pasundan Cijulang.

Dengan PRAKERIN peserta didik dapat mengenal lebih jauh tentang dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah lulus pendidikanya di SMK.

Adapun tujuan menyusun laporan PRAKERIN ini yaitu :

  1. Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional(UN) dan ujian sekolah SMK Pasundan Cijulang tahun ajaran 2012-2013.
  2. Untuk melengkapi tugas sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Uji kompetensi.
  3. Menjadikan PRAKERIN salah satu tolak ukur pemahaman dan teori-teori yang dipelajari di sekolah.
  4. Menjadikan kita lebih bermandiri.
1.3 WAKTU DAN PELAKSANAAN

Hari : Senin
Tanggal : 2 Juli 2012
Tempat : PLN PANGANDARAN
Dan berakhir pada :
Hari : Jumat Tanggal : 28 september 2012
Tempat : PLN UPJ PANGANDARAN

BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN

Perjalanan PT PLN Distribusi Jawa Barat Dan Banten cukup panjang.

Awal kelistrikan di bumi Parahyangan sudah ada semenjak Pemerintah Kolonial Belanda masih bercokol di tataran tanah sunda.Di tahun 1905,di Jawa Barat khususnya kota Bandung,berdiri perusahaan yang mengelola penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan publik.Nama perusahaan itu Bandungsche Electriciteit Maatschppij (BEM).

Dalam perjalanannya, BEM pada tanggal 1 januari 1920 berubah menjadi perusahaan perseroan menjadi Gemeenschapplijk Electriciteit Bedrijf Vor Bandoeng (GEBEO) yang pendiriannya dikukuhkan melalui akte notaris Mr.Andrian Hendrik Van Ophuisen dengan Nomor :213 pada tanggal 31 desember 1949.

Setelah kekuasaan penjajahan beralih ke tangan Pemerintah Jepang,di antara rentang waktu th 1942-1945,pendistribusian tenaga listrik dilaksanakan oleh Djawa Denki Djigyo Sha Bandoeng Shi Sha dengan wilayah kerja diseluruh pulau Jawa.

Setelah Indonesia merdeka, tahun 1957 menjadi awal penguasaan pengelolaan penyediaan tenaga listrik di seluruh tanah air yang ditangani langsung oleh pemerintah Indonesia 27 Desember 1957,GEBEO diambil alih oleh Pemerintah Indonesia yang kemudian dikukuhkan lewat peraturan Pemerintah No.86 Tahun 1959 j.o. Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 1959.

Selanjutnya,ditahun 1961 melalui peraturan Pemerintah No.67 dibentuk Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN) Sebagai wadah kesatuan pimpinan PLN.

Sejalan dengan itu,PLN Bandung pun berubah menjadi PLN Exploitas XI sebagai kesatuan BPU-PLN di Jawa barat,diluar DKI Jaya dan Tanggerang.

Pada tahun 1970-an dikeluarkan Peraturan Pemerintah No.18 tahun 1972 tentang perusahaan Umum Listrik Negara yang menyebutkan status PLN menjadi Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Barat.

Memasuki era 1990-an,dengan adanya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.23 Tahun 1994 pada tanggal 16 juni 1994,Perusahaan Listrik Negara Distribusi Jawa Barat diubah lagi menjadi Perusahaan Perseroan (Persero)dengan Nama PT.PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat sejak tanggal 30 juli 1994.

Untuk memenuhi tuntunan perubahan dan perkembangan kelistrikan yang dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan,maka keluarlah Keputusan Direksi PT.PLN (Persero) No.28.k/010/DIR/2001 tanggal 20 Februari 2001 yang menjadi landasan hukum perubahan nama PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat menjadi PT PLN (Persero) Unit Bisnis Distribusi Jawa Barat.Pada akhirnya dengan mengacu pada keputusan Direksi PT PLN (Persero) No.120.K/010/DIR/2002 tanggal 27 Agustus 2002,PT PLN(Persero) Unit Bisnis Distribusi Jwa Barat berubah lagi namanya menjadi PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten,dimana wilayah kerjanya meliputi Propinsi Jawa Barat dan Propinsi Banten,hingga saat ini.

2.2 VISI DAN MISI PERUSAHAAN

a.Visi : Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh-kembang,unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi insani.

b.Misi : Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait,berorientasi pada kepuasan pelanggan,anggota perusahaan dan pemegang saham.

MOTTO : Listrik untuk kehidupan yang Lebih Baik
(Electricity for a Better Life)

Untuk lebih lengkap dan jelasnya tentang Laporan Prakerin di PLN bisa Anda unduh dibawah ini 



0 Response to "Contoh Laporan Prakerin di PLN"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya