Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TPHi


PROSES PENGOLAHAN EKSTRAKSI Na-ALGINAT DARI RUMPUTLAUT Sargassum KERING DI BALAI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENGOLAHAN PRODUK DAN BIOTEKNOLOGI KELAUTAN DAN PERIKANANJAKARTA

LAPORAN 
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Untuk memenuhi sebagian persyaratan
Guna mengikuti Ujian Kompetensi dan Ujian 

Oleh :
TITA ULTAVIANI
NIT : 121310046

KOMPETENSI KEAHLIAN 
TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN (TPHPi)
SMK NEGERI 1 PANGANDARAN
2014


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Batasan Masalah
1.3 Perumusan Masalah
1.4 Tujuan
1.5 Kegunaan
1.6 Waktu dan Tempat
BAB II TINJAU PUSTAKA
2.1 Rumput Laut Coklat
2.2 Komposisi Kimia Rumput Laut Coklat
BAB III MATERI DAN METODE
3.1 Bahan dan Alat
3.2 Metode Pengumpulan Data
3.3 Metode Analisis Data
BAB IV KEADAAN UMUM TEMPAT PRAKERIN
4.1 Lokasi Prakerin
4.2 Tata Letak Ruang Pengolahan
4.3 Sejarah Singkat Tempat Prakerin
4.4 Struktur Organisasi
BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN
5.1 Bahan Baku
5.2 Proses Pengolahan
5.3 Bahan-bahan Pengolahan Ekstraksi Na-Alginat
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktek Kerja Indsutri (PRAKERIN) ini dengan judul proses PENGOLAHAN EKSTRAKSI NA-ALGINAT DARI RUMPUT LAUT KERING Sargassum sp di unit produksi balai besar penelitian dan pengembangan produk dan bioteknologi kelautan perikanan, Jakarta pusat.

Laporan PRAKERIN ini disusun untuk memenuhi sebagian Persyaratan guna mengikuti uji kompetensi dan ujian nasional pada kompetensi keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pangandaran.

Dengan segala kerendahan hati penulis ucapkan terima kasih Kepada orang tua penuis dan semua pihak yang bersangkutan pada pembuatan laporan ini diantaranya kepada:
  1. Nana Supena Dipayana, S.Pd.MM selaku Kepala SMK N 1 Pangandaran
  2. Bapak Wahyudin,S.Pd.M.Pd selaku Wakasek Hubin
  3. Ibu Silvia Gani, S.Pi selaku penguji I sekaligus Ketua Program Kehalian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi)
  4. Ibu Dewi Nuryani, S.P selaku pembimbing dan selaku penguji II
  5. Semua pihak yang tidak bisa di sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.
Penulis menyadari bahwa pembuatan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, jadi penulis nantikan kritik dan saran untuk bisa membuat Laporan selanjutnya, serta penulis berharap laporan ini dapat berguna, Khususnya bagi & umumnya bagi semua pihak terutama dalam pendidikan Ilmu Pengetahuan Perikanan.

Pangandaran, Mei 2014
PENULIS

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Indonesia adalah negeri yang kaya akan tumbuhan laut serta habitatnya. Dan salah satunya rumput laut coklat jenis sargassum sp yang merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai dan tumbuhan di perairan pantai. Sargasum juga dapatdiolah menjadi ekstraksi Na-Alginat.

Na-Alginat ini merupakan salah satu yang memanfaatkan rumput laut coklat sebagai bahan utamanya Produk ini juga dijumpai di produk berupa kapsul serta dapat dijadikan bahan untuk membuat agar.

Pemanfaatan Alginat ini bisa dimanfaatkan dalam bidang industri, sehingga prosfektifnya untuk dikembangkan lebih besar di Balai Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan dikembangkan proses pengolahan sargasum sPmenjadi Na-Alginat sehingga menambah nilai ekonomi produk tersebut.

1.2. Rumusan Masalah

Ada beberapa permasalahan yang perlu dikaji pada pengolahan ekstraksi Na-Alginat di Balai Penelitian dan pengembangan pengolahan produk dan bioteknologi kelautan dan perikanan. Permasalahan tersebut yaitu dengan mutu bahan baku, cara pengolahan, mutu produk, tata letak ruang pengolahan, dan lain-lain.


1.3. Batasan Masalah

Di Balai Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jakarta dilakukan berbagai macam pengolahan berbahan dasar rumput laut, diantaranya pembuatan ekstraksi Na-Alginat.

Laporan Prakerin ini hanya mempelajari prosedur pengolahan ekstraksi Na-Alginat dari rumput laut coklat (Sargassum sp).

1.4. Tujuan

Praktik kerja industri (prakerin) ini bertujuan sebagai pengalaman melatih diri dan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama melakukan PRAKERIN sehingga terbiasa dengan dunia lapangan kerja.

1.5. Kegunaan

1.5.1. Untuk Taruna/i

Menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan bidang pengolahan dari rumput laut. Khususnya produk Na-Alginat.

1.5.2. Untuk Perusahaan

Sebagai bahan penelitian, Informasi, dan dokumentasi tentang proses ekstraksi Na-Alginat di Balai penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan.

1.6. Waktu dan Tempat

Prakerin ini dilaksanakan di Balai Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan selama 2 bulan, dari awal Maret sampai awal Mei 2014. 

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Rumput laut coklat (Sargassum sP).
2.1.1. Morfologi dan klasifikasi Rumput laut coklat (Sargassum sP).

Bahan baku untuk pengolahan Ekstraksi Na-Alginat adalah rumput laut coklat jenis Sargassum adalah rumput laut coklat bercabang seperti jari-jari dan merupakan tanaman perairan yaqng berwarna coklat, berukuran relatif besar, tumbuh dan berkembang pada subtrat dasar yang kuat. Bagian atas tanaman menyerupai semak yang berbentuk simetris serta di lengkapi dengan bagian-bagian untuk pertumbuhan.

Thallus berbentuk silendris atau gepeng bercabangnya, daun melebar, lonjong atau seperti pedang, panjang nya dapat mencapai tujuh meter sargassum tumbuh di perairan terlindung maupun berombak besar pada habitat berkarang dan tersebar luas di perairan Indonesia.

SargassumsPadalah salah satu jenis genus dari kelompok rumput laut coklat yang merupakan generasi terbesar famili.

Klasifikasi Sargassum sP adalah sebagai berikut:
Divisio : Thallophyta
Kelas : Phaeophyceae
Bangsa : Fucales
Suku : Sargasaceae
Marga : Sargassum
Jenis : Sargassum polyfolium

2.1.2 . Habitat dan morfologi Rumput laut coklat.

Rumput laut coklat penghasil Alginat yang banyak tumbuh di perairan subtropics adalah jenis-jenis macrocystis, caminaria, archophyllum, nerocytis, ecklonia, focus, dan Sargassum. Menurut hasil penelitian, rumput laut coklat terdapat di berbagai tempat di Tegal.

2.2. Komposisi kimia rumput laut coklat (sargassum sP).

Komposisi kimia dan pigmen yang terdapat pada rumput laut coklat adalah hasil dari fotosintesa yang jumlahnya sangat bervariasi. Setiap jenis rumput laut mempunyai pigmen krofil dan beta-katoren, serta pigmen khasnya yaitu pigmen sentopil, vlola satin, fukosantin, flavosantin, neosantin A dan B. keberadaan pigmen fukosantin pada rumput laut coklat menutupi pigmen lainnya dan memberikan warna coklat.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya Anda bisa mengunduh dokumen Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TPHi dibawah ini




0 Response to "Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TPHi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya