Kliping Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia


1. Faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia
 
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar terdiri dari 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada didalamnya. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.
 
Perbedaanya diantaranya suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi. Keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor baik yang datang dari dalam maupun dari luar masyarakat.

Faktor penyebab keberagaman masyarakat indonesia

2. Keberagaman Suku

Suku bangsa sering juga disebut etnik. Menurut Koentjaraningrat suku bangsa berarti sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut. Kesadaran dan identitas biasanya dikuatkan oleh kesatuan bahasa, jadi suku bangsa merupakan gabungan sosial yang dibedakan dari golongan – golongan sosial karena mempunyai ciri – ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal – usul dan tempat asal serta kebudayaan.

Ciri – ciri mendasar yang membedakan suku bangsa dengan lainnya antara lain bahasa daerah , adat istiadat , sistem kekerabatan, kesenian daerah dan tempat asal.


3. Keberagaman Agama dan Kepercayaan
Mengapa di Indonesia memiliki keberagaman agama, karena indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, oleh karena itu banyak bangsa lain datang ke Indonesia selain untuk berdagang mereka juga menyebarkan ajaran agama.

keberagaman agama



4.   Keberagaman ras

Beberapa ahli mempunyai pendapat berbeda mengenai pengertian ras, namun secara umum ras dapat diartikan sebagai kelompok besar manusia / golongan bangsa berdasarkan ciri fisik dan garis keturunan. Manusia yang satu memiliki perbedaan ras dengan manusia lainnya karena adanya perbedaan ciri – ciri fisik, seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk muka, ukuran badan, bentuk badan, bentuk dan warna mata, dan ciri fisik lain.

Masyarakat Indonesia memiliki keberagaman ras [1] Hal ini disebabkan oleh kedatangan bangsa asing ke wilayah Indonesia [2] Sejarah peneyebaran dunia [3] serta letak dan kondisi geografis wilayah indonesia. Beberapa ras yang ada dalam masyarakat Indonesia antara lain sebagai berikut :

a.    Ras malayan mongoloid ada di sumatra Jawa, Bali, NTB, Kalimantan dan sulawesi
b.    Ras Melanesoid mendiami daerah Papua, Maluku, dan NTT
c.    Ras asiatik mongoloid seperti orang tionghoa jepang dan korea
d.    Ras kaukasoid yaitu orang india, timur tengah, Australia, Eropa, Amerika

keberagaman ras

5. Keberagaman Antar Golongan
 
Keberagaman masyarakat di Indonesia dapat dilihat dari struktur masyarakatnya. Struktur masyarakat Indonesia menurut Syarif Moeis (2008) ditandai 2 ciri/2 titik pandang yaitu.:
  1. Secara horizonal ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan sosial berdasarkan perbedaan suku bangsa
  2. Secara vertikal ditandai dengan adanya lapisan atas dan lapisan bawah. Ada beberapa penggolongan kelas secara bertingkat yaitu kelas tinggi, kelas sedang, dan kelas rendah dengan demikian dalam kelas sosial terdapat penggolongan manusia secara bertingkat atas dasar kedudukan / status sosial sehingga menyebabkan perbedaan antara hak dan kewajiban.
keberagaman antar golongan

0 Response to "Kliping Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya