Artikel Singkat : Pengelolaan MSDM di Era Globalisasi



Sumber daya manusia menjadi aset yang berharga di dalam perkembangan sebuah perusahaan untuk menjadi lebih baik dan lebih maju lagi. Sumber daya manusia merupakan aset perusahaan yang paling berharga, maksudnya sangat sederhana bahwa sebuah perusahaan mungkin memiliki berbagai aset seperti contohnya tanah, gedung, kendaraan atau mesin produksi, peralatan kantor, dan lain-lain namun semua aset tersebut tidak akan berarti apa-apa dan tidak akan menghasilkan apa-apa bila tidak digerakkan oleh sumber daya manusia. Agar perusahaan dapat memproduksi sesuatu yang dapat dijual, maka perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Semua aset kecuali sumber daya manusia bisa dibeli dengan mudah oleh perusahaan yang memiliki modal cukup untuk membelinya. Namun tidak demikian halnya dengan sumber daya manusia, tidaklah mudah untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dan mumpuni sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan. Karena itulah sumber daya manusia merupakan aset yang paling berharga. 

Pengembangan sumberdaya manusia adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan, agar pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mereka sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan.

Berbeda dengan aset lainnya yang dapat dibeli, seperti diantaranya tanah, gedung, kendaraan, mesin dan peralatan. Untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia yang kompeten harus melalui berbagai tahapan, diantaranya :
a. Pengadaan
- Analisis kebutuhan
- Rekruitmen, dan
- Seleksi
- Penempatan
b. Pengembangan dan Penilaian
- Pelatihan
- Penilaian
- Peningkatan Karier/Pengakuan dan Penghargaan
c. Perlindungan
- Kesejahteraan pegawai untuk memelihara semangat kerja dan motivasi kerja
- Asuransi kesehatan dan kecelakaan kerja
d. Menjaga Hubungan Pegawai
- Memotivasi
- Pemberdayaan pegawai
- Penegakan disiplin
- Bimbingan

MSDM yang efektif mengharuskan untuk menemukan cara yang terbaik untuk merencanakan SDM, mengorganisasikan SDM, mengarahkan SDM, mengembangkan SDM dan mengevaluasi Kinerja SDM di dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan tersebut. Pendayagunaan pengelolaan MSDM ini juga menyangkut pemahaman terhadap kebutuhan-kebutuhan individual karyawan agar potensi SDM di dalam diri karyawan tersebut dapat digali dan dimanfaatkan secara penuh. Namun, SDM juga bisa menjadi masalah di dalam sebuah organisasi. Dengan memiliki SDM yang berkinerja rendah, maka bisa dipastikan bahwa organisasi tersebut akan berkinerja kurang maksimal. Oleh karena itu, konsep MSDM tersebut dibutuhkan sebuah organisasi untuk memastikan bahwa SDM yang berkinerja kurang maksimal tersebut mampu bertransformasi menjadi SDM-SDM yang mempunyai kinerja yang baik dan berkualitas, dan juga memiliki loyalitas terhadap sebuah organisasi.

Manajemen SDM diharapkan dapat membantu setiap SDM untuk dapat berperan dan diberdayakan. Sehingga setiap SDM mampu memahami perannya sendiri, diantaranya
  1. What (Apa) ? Tugas apa yang harus dikerjakan
  2. How (Bagaimana) ? Baimana cara melaksanakan tugas
  3. Why (Mengapa) ? Mengapa tugas-tugas harus dikerjakan

0 Response to "Artikel Singkat : Pengelolaan MSDM di Era Globalisasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya