Laporan Sudah Kunjungan Industri

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Dalam era industri 4.0 ini sudah selayaknya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mampu mengarahkan dan membangkitkan potensi anak – anak didik mereka menjadi anak – anak yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 dengan demikian harapn dan cita – cita bangsa ini untuk menjadi bangsa yang besar akan terwujud karena para generasi mudanya telah terdidik dengan baik melalui sistem pendidikan ganda yaitu dengan diadakannya Praktek Kerja Industri di Perusahaan ataupun industri besar yang ada di Indonesia.

Supaya sistem pendidikan ganda ini berhasil dan berjalan dengan baik, maka perlu ada persiapan dan kesiapan dari para peserta didik dengan cara melakukan kunjungan industri terhadap perusahaan yang nantinya akan dijadikan tempat belajar atau prakerin.
Dengan adanya kunjungan industrin sebelum diadakannya prakerin maka diharapkan peserta didik memiliki gambaran tentang pekerjaan atau praktik yang nantinya akan mereka lakukan

B. Tujuan Kunjungan Industri

Adapun tujuan kunjungan industri adalah 

  1. Untuk syarat mengikuti prakerin
  2. Sebagai gambaran sebelum melakukan prakerin

C. Tujuan Pembuatan Laporan

Adapun tujuan pembuatan laporan ini adalah sebagai syarat untuk mengikuti “Praktek Kerja Industri”

D. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam laporan kunjungan industri adalah metode Observasi, yaitu adalah metode pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya. Metode pengumpulan data observasi tidak hanya mengukur sikap dari responden, namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data observasi cocok digunakan untuk penelitian yang bertujuan untuk mempelajari perilaku manusia, proses kerja, dan gejala-gejala alam. Metode ini juga tepat dilakukan pada responden yang kuantitasnya tidak terlalu besar. Metode pengumpulan data observasi terbagi menjadi dua kategori, yakni:

a. Participant observation
Dalam participant observation, peneliti terlibat secara langsung dalam kegiatan sehari-hari orang atau situasi yang diamati sebagai sumber data.

b. Non participant observation
Berlawanan dengan participant observation, non participant observation merupakan observasi yang penelitinya tidak ikut secara langsung dalam kegiatan atau proses yang sedang diamati.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan kunjungan industri ini adalah sebagai berikut
  1. Hari : Selasa, 12 Februari 2019
    Waktu : 09.00 s/d selesai
    Tempat : PT Findad Bandung
  2. Hari : Rabu, 13 Februari 2019
    Waktu : 09.00 s/d selesai
    Tempat : PT. Isuzu Astra Motor
BAB II
IDENTIFIKASI PERUSAHAAN
A. Sejarah Perusahaan
 
1. PT Findad
PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia dan memperkerjakan sekitar 3000 karyawan[4]. Pada 22 Desember 2014, Pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk Silmy Karim sebagai Dirut yang baru menggantikan Sudirman Said yang menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Saat ini proses produksi PT. Pindad dilaksanakan di 2 tempat yaitu:
  • Divisi Amunisi di Turen Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pabrik ini menempati lahan seluas 160 hektar.
  • Divisi Senjata, Divisi Mekanikal, Divisi Elektrikal, Divisi Forging & Casting, Unit Bisnis Toko Perlengkapan, Unit Bisnis Stamping, dan Unit Bisnis Laboratorium, yang semuanya ditempatkan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Komplek ini menempati lahan seluas 66 hektar. Khusus Direktorat Produksi Militer, mempekerjakan 1.546 karyawan yang terdiri dari 1.072 karyawan di pabrik dan 474 karyawan di bagian Staff.
2. PT. Isuzu Astra Motor

Isuzu dikembangkan pertama kali di Jepang tahun 1937 dan telah menjadi pengembang mesin diesel terkemuka di tingkat global. Melayani pelanggan di seluruh dunia dengan produk dan layanan bermutu tinggi, Isuzu ikut menciptakan kesejahteraan sosial melalui bisnisnya. Peranannya begitu penting dalam industrinya, sebagai manufaktur kendaraan, kendaraan niaga serta komponennya. Isuzu unggul dalam produksi truk dan mesin diesel canggih yang meminimalkan dampak lingkungan. Kekuatan teknologi inilah yang menjadi jaminan sukses Isuzu di masa depan. Isuzu di Indonesia sudah mulai dipasarkan sejak tahun 1960, produk yang paling dikenal adalah Isuzu Bison. Pada tanggal 3 Mei 1974 didirikan perseroan dengan nama PT. Pantja Motor oleh PT. Pantja Niaga bersama dengan Ir Rustam Darwis yang berkedudukan di Jakarta. Pada tanggal 6 Mei saham PT. Pantja Motor 100% menjadi milik PT. Pantja Niaga. Di tahun 1988 PT. Unitras Pertama membeli 68% saham PT. Pantja Motor dan sisanya tetap dimiliki oleh PT. Pantja Niaga. Pada tahun 1991 PT. Astra International Tbk menjadi pemilik mayoritas PT. Pantja Motor dengan 75% saham yang dibeli melalui PT. Aryaloka Sentana dari PT Unitras Pertama. Di tahun yang sama Isuzu Panther TBR 52, 2300 cc Diesel Direct Injection diluncurkan ke pasar. Dengan isuzu pelopor pengguna mesin diesel untuk kendaraan bermotor niaga serba guna (KBNS) dengan diluncurkannyua Isuzu Panther. Sejak itum produk ini sukses di terima oleh konsumen karena ketangguhan dan nilai ekonomisnya.

Pada tahun 1995, diliuncurkan Isuzu Elf, 2800 cc Diesel Direct Injection. Di tahun 1996 dikeluarkan Isuzu Panther TBR 54, 2500 cc Diesel Direct Injection dan juga Isuzu Borneo, truck kelas medium. Pada tahun itu juga, masuknya investor asing pada PT. Pantja Motor yaitu Isuzu Motors Ltd dan Itochu Corporation. Di tahun yang sama pula isuzu menyelenggarakan Laga Pantura I yang membuahkan hasil 1 liter solar dapat menempuh jarak 31 km. Di tahun 1997, PT. Pantja Motor mengeksport Isuzu Panther ke Negara Filipina dan Taiwan, dan di tahun 2000 diluncurkan Isuzu New Panther 160, 2500 cc Dieseil Direct Injection. Tidak selang lama pada tahun 2001, Isuzu New Panther 160 Touring dikeluarkan oleh PT. Pantja Motor.

Pada tahun 2002, Isuzu kembali menyelenggarakan laga Pantura II, dengan memecahkan rekor baru I liter solar untuk 33,87 km. Tahun berikutnya Isuzu menyelenggarakan Laga Wisata Jakarta, dengan memecahkan rekor Muri dengan konvoi kendaraan sejenis (Isuzu Panther) terpanjang 863 unit. Isuzu menambah jumlah negara untuk eksport Isuzu Panther, dengan mengirim CKD ke negara Vietnam dan India di tahun 2005. Pada tahun 2007, laga Wisata Surabaya diselenggarakan dengan jumlah peserta 1.022 kendaraan Isuzu Panther. Pada tahun ini juga, Isuzu mencanangkan sebagai tahun untuk Commercial Vehicle. Pada Agustus 2007, gedung head office Isuzu diresmikan, seluruh kegiatan dipindahkan di gedung baru.

Akhirnya pada tahun 2008, penanda tanganan DTS (Deed of Transfer of Shares) dilaksanakan pada tgl 4 Februari 2008, saham yang dilepas PT. Arya Kharisma kepada Isuzu Motor Ltd sebanyak 14.88%, sehingga komposisi saham berubah menjadi PT. Arya Kharisma (Astra Int’l) 44,94%, Isuzu Motors Ltd 44.94% dan PT. PPI sebanyak 10.12%. Pada 14 April 2008, melalui RUPS maka diputuskan nama PT. Pantja Motor berubah menjadi PT. ISUZU ASTRA MOTOR INDONESIA. Di tahun 2015, komposisi pembagian saham berubah menjadi 50% dipegang PT. Arya Kharisma (Astra International) dan 50% oleh Isuzu Motors Limited.

B. Bidang Usaha
  1. PT. Findad merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan senjata dan kendaraan perang
  2. PT. Isuzu Astra Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perakitan dan penjualan mobil
C. Pemasaran
 
1. PT Findad
Strategi yang dijalankan, oleh PT Pindad (Persero) dengan mengupayakan pemasaran dan penjualan meliputi :
  • Produk lama kepada pasar baru
  • Produk baru kepada pasar lama
  • Produk baru kepada pasar baru

Melaksanakan pemasaran, penjualan dan distribusi produk dan jasa perusahaan termasuk produksi pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri 

2. PT. Isuzu Astra Motor

Guna menggaet konsumen, Isuzu Astra menggelar kampanye pemasaran, seperti program menyambut Tahun Baru China atau Imlek 2018. Isuzu Astra menggelar program Hadiah OK dari Isuzu (HOKI) yang berlaku untuk setiap pembelian Isuzu Elf selama Februari 2018. Program HOKI merupakan promo berupa Paket Spesial Bunga HOKI 0%, Cash Back HOKI Spesial, dan Service HOKI.


BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
 
Dalam era industri 4.0 telah banyak perusahaan – perusahaan besar yang menggunakan robot – robot canggih dalam melakukan proses produksinya, seperti yang terdapat di PT. Findad dan PT. Isuzu Astra Motor, oleh karena itu siswa harus mampu dan memahami setiap operasi ataupun proses produksi yang ada di perusahaan, baik produksi yang menggunakan teknologi robot canggih maupun yang dikerjakan secara manual.

Dengan Revolusi Industri 4.0 juga diharapkan sistem pendidikan khususnya yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus disesuaikan dengan kebutuhan industri, sehingga siswa lebih siap dan terampil saaat nantinya melakukan praktik kerja industri

B. Kesan dan Saran
 
1. Kesan
Baik Pt. Findad maupun Pt. Isuzu Astra Motor telah menerapkan sistem otomatisasi buah dari teknologi Artificial Intelegience (AI) dan Robot – robot canggih, ini semua merupakan bukti bahwa era industri 4.0 ini suatu saat nanti mungkin akan lebih banyak sistem otomatisasi menggunakan mesin – mesin canggih

2. Saran
Adapun saran – saran yang bisa saya berikan :
  • Kepada Pihak Sekolah
    Kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan lagi kualitas dari perjalanan ataupun kunjungan industri yang dilakukan.
  • Kepada Pihak Perusahaan
    Saran untuk pihak perusahaan agar lebih lagi memfasilitasi anak – anak yang melakukan kunjnungan industri seperti dengan mengadakan ruangan khusus dan memberikan banyak waktu kepada para siswa yang berkunjung untuk mempelajari proses produksi perusahaan secara mendetail.

DAFTAR PUSTAKA
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pindad_(perusahaan)
  • http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian
  • https://www.pindad.com/business-field-and-business-development
  • http://www.isuzu-astra.com/about.php

0 Response to "Laporan Sudah Kunjungan Industri"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya