Contoh Laporan Observasi Tumbuhan dan Hewan
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan laporan ini dengan cara dikemas dan disajikan dengan format dan bahasa sederhana namun penuh manfaat, laporan ini berjudul “ Laporan Observasi ” untuk memenuhi tugas Mata pelajaran IPA Kelas VIID.
Peserta didik dipacu dan dilatih untuk mengembangkan keterampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen, dan menyimpulkan data yang telah ada. Proses pembelajaran di SMP perlu dikelola secara baik demi kelancaran proses belajar mengajar yang bermakna.
Penulis menyadari akan keterbatasan kemampuan penulis dalam menyusun laporan ini. Penulis sadar bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaaan baik dalam materi maupun cara penyajian penulisannya. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk pengembangan dan kesempurnaan laporan ini. Semoga informasi yang terdapat dalam laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.
Parigi, Maret 2016
Penulis
DAFTAR ISIKATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Data Observasi
B. Pembahasan
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan mulia tersebut, sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan pun memiliki peranan yang sangat besar untuk keberhasilan suatu pendidikan. Mulai dari peran guru, lingkungan belajar sampai pada ketersediaan fasilitas belajar mengajar.
Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepadasiswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Ketidaklancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikan guru. Di dalam kegiatan pembelajaran terdapat beberapa komponen meliputi: tujuan, bahan pembelajaran, penilaian, metode dan alat. Keempat komponen tersebut menjadi komponen utama yang harus dipenuhi dalam suatu proses belajar mengajar yang berlangsung. Komponen tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain (interelasi).
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari observasi ini ialah :
Identifikasi mahluh hidup baik hewan maupun tumbuhan dapat diamati dari ciri-ciri spesifik
C. Tujuan
Adapun tujuan dari observasi ini ialah :
Agar siswa dapat mengidentifikasi makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan berdasarkan pengamatan ciri-ciri spesifik
D. Manfaat
Adapun manfaat dari observasi ini ialah :
Siswa mampu mengidentifikasi makhluk hidup baik tumbuhan maupun hewan berdasarkan pengamatan ciri-ciri spesifik
BAB II HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Data Observasi
a. Tumbuhan
1. Jenis Tumbuhan : Padi
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Lurus seperti jarum
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus berlubang
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil banyak
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan angin
2. Jenis Tumbuhan : Kamoja
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Lurus seperti jarum
- Bentuk Akar : Tunggang
- Bentuk Batang : Lurus
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil banyak
- Bentuk Penyerbukan :
3. Jenis Tumbuhan : Anggrek
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Lurus seperti jarum
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus dan berduri
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil banyak
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan angin
4. Jenis Tumbuhan : Bunya Bruney
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Tulang daun menyirip
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus dan berduri
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil dan sedikit
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan angin
5. Jenis Tumbuhan : Pohon Jeruk
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Daun lebar dan tebal
- Bentuk Akar : Tunggang
- Bentuk Batang : Lurus dan berduri
- Bentuk Mahkota Bunga : -
- Bentuk Penyerbukan : -
6. Jenis Tumbuhan : Pohon Delima
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Lurus seperti jarum
- Bentuk Akar : Tunggang
- Bentuk Batang : Lurus dan berduri
- Bentuk Mahkota Bunga : Bayak dan kecil
- Bentuk Penyerbukan : Dengan pupuk
7. Jenis Tumbuhan : Bunga Mawar
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Lebar dan tebal
- Bentuk Akar : Tunggang
- Bentuk Batang : Lurus dan berduri
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil dan banyak
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan pupuk
8. Jenis Tumbuhan : Pohon Pepaya
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Tulang daun menjari
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil dan banyak
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan pupuk
9. Jenis Tumbuhan : Bunga Lapender
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Tulang daun menjari
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus
- Bentuk Mahkota Bunga : Kecil banyak
- Bentuk Penyerbukan : Dengan bantuan pupuk
10. Jenis Tumbuhan : Pohon Jambu
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Daun : Tulang daun menjari
- Bentuk Akar : Serabut
- Bentuk Batang : Lurus
- Bentuk Mahkota Bunga : -
- Bentuk Penyerbukan : -
b. Hewan
1. Jenis Hewan : Ayam
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Paruh
- Jenis Makanan : Biji-bijian
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Aves
2. Jenis Hewan : Burung Kenari
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Paruh
- Jenis Makanan : Biji-bijian
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Aves
3. Jenis Hewan : Cicak
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : Daging
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Reftil
4. Jenis Hewan : Ikan
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : -
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di air
- Asal Kelas : Pisces
5. Jenis Hewan : Kucing
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : Daging
- Cara Berkembangbiak : Melahirkan
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : -
6. Jenis Hewan : Katak
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : -
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat + air
- Asal Kelas : Amphilia
7. Jenis Hewan : Bebek
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Paruh
- Jenis Makanan : Segalanya
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Aves
8. Jenis Hewan : Anjing
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : Segalanya
- Cara Berkembangbiak : Melahrkan
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas :
9. Jenis Hewan : Domba
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : Rumput
- Cara Berkembangbiak : Melahirkan
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Mamalia
10. Jenis Hewan : Tokek
Ciri-ciri Spesifik :
- Bentuk Mulut/Paruh : Mulut
- Jenis Makanan : Daging
- Cara Berkembangbiak : Bertelur
- Jenis Habitat : Di darat
- Asal Kelas : Reftil
B. Pembahasan
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa makluk hidup memiliki ciri-ciri spesifik untuk membedakan dengan jenis makhluk hidup lainnya. Pada tumbuhan dapat dibedakan dengan ciri-ciri antara lain :
- Bentuk Daun
- Bentuk Akar
- Bentuk Batang
- Bentuk Mahkota Bunga
- Bentuk Penyerbukan
Dan pada hewan dapat dibedakan dengan ciri-ciri antara lain :
- Bentuk Mulut/Paruh
- Jenis Makanan
- Cara Berkembangbiak
- Jenis Habitat
- Asal Kelas
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Tiap mahluk hidup baik hewan maupun tumbuhan memiliki ciri-ciri spesifik sehingga dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya.
B. Saran
Perlu pengamatan yang lebih teliti sehingga perbedaan antara mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya dapat sangat jelas, baik dari tumbuhan maupun hewan.
0 Response to "Contoh Laporan Observasi Tumbuhan dan Hewan"
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya