Kliping Demo



Demo Buruh di Lampung Diwarnai Bentrok
 
kliping demonstrasi
 Unjuk rasa aliansi masyarakat dan buruh yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Lampung untuk memperingati Hari Buruh Sedunia diwarnai bentrok, Selasa (1/5/2012) sekitar pukul 13.00. Unjuk rasa yang awalnya berlangsung damai, bahkan diiringi nyanyian lagu mars buruh, tiba-tiba menjadi ricuh.

Peristiwa ini terjadi ketika massa yang merupakan aktivis mahasiswa mencoba mendekat ke kantor gubernur, tetapi langsung dihadang puluhan petugas satuan polisi pamong praja (satpol PP). Sempat terjadi dorong-mendorong di antara mereka sebelum akhirnya mereka saling pukul menggunakan tongkat dan bambu.

Namun, bentrokan ini tidak berlangsung lama karena ratusan personel polisi yang berjaga di kompleks Pemerintah Provinsi Lampung ikut meredam massa. Akibat bentrokan ini, sedikitnya tiga pengunjuk rasa luka ringan.

Menurut para saksi mata, bentrokan ini bermula ketika mereka memergoki ada petugas satpol PP yang mengeluarkan sangkur dari pinggangnya untuk menakut-nakuti massa saat aksi saling dorong.

Protes Jalan Rusak, Ribuan Buruh Blokir Jalan
 
kliping demo
 TEMPO.CO, Jakarta

Ribuan warga Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, bersama para buruh memblokir jalan yang menghubungkan ruas jalan Cikande-Rangkasbitung pada Rabu, 20 Maret 2013. Aksi tersebut dipicu oleh kekesalan warga dan para buruh yang berada di kawasan tersebut terhadap kondisi jalan Rangkasbitung-Cikande yang tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Banten.

Dalam aksinya, mereka menuntut Pemerintah Provinsi Banten agar segera memperbaiki ruas jalan yang sudah lama rusak parah sepanjang 2,6 kilometer. Akibat aksi tersebut, arus lalu lintas dialihkan. Sejumlah mobil kontainer, truk, dan kendaraan pribadi pun tidak bisa lewat. AKtivitas lumpuh total.

 Dengan membentangkan kain putih yang berisi tanda tangan, mereka juga membawa poster berisi tulisan tuntutan perbaikan jalan. Mereka juga menanam berbagai macam pohon di sepanjang jalan tersebut. Tidak hanya itu, pendemo memasang tenda panggung dan material lainnya yang dapat menghalangi pengguna jalan, terutama truk dan kontainer.

 Salah seorang buruh dari PT Rimba Wood Arsilestari, Herman, mengatakan aksi buruh dan masyarakat hanya menuntut perbaikan Jalan Cikande-Rangkasbitung yang rusak parah dari pertigaan Asem Cikande. Rusaknya jalan ini menghambat operasi perusahaan sehingga perusahaan mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Menurut dia, aksi ini akan berlangsung hingga tuntutan masyarakat dan buruh dikabulkan pemerintah

Selain itu, menurut Herman, jalan rusak telah menyebabkan kecelakaan lalu lintas. “Banyak kendaraan yang terguling di sepanjang jalan ini,” katanya. Jika tuntutan mereka tidak dikabulkan, kata Herman, “Kami akan terus melakukan aksi blokir jalan ini.”
 
Demo Buruh di Kawasan Industri Pulogadung
 
contoh kliping tentang demo

JAKARTA, KOMPAS.com

Ribuan buruh yang bekerja di Kawasan Industri Pulogadung ikut berunjuk rasa di hari mogok buruh nasional, Rabu (3/10/2012). Massa memblokade jalan masuk ke kawasan industri ini. Sebagian buruh lain sejak pagi berkeliling untuk mengajak para pekerja yang berada di kawasan ini untuk ikut berunjuk rasa menyampaikan aspirasinya. Mereka melakukan sweeping sejak pukul 07.00 WIB.

Aksi para buruh ini menyebabkan Kawasan Industri Pulogadung lumpuh total dan tidak ada kegiatan produksi yang berjalan. Ada tiga tuntutan yang diteriakkan oleh buruh, yaitu penghapusan sistem kerja outsourcing, menolak upah murah, dan pemberian jaminan kesehatan. Para buruh melakukan aksi dengan berorasi, membacakan puisi, dan bernyanyi di bundaran kawasan industri yang berada di Jakarta Timur itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, ratusan buruh memulai aksi dengan berkonsolidasi di pabrik-pabrik di Kawasan Industri Pulogadung sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah itu, massa buruh pun memecah kelompok menjadi lima bagian. Empat kelompok berkumpul di akses masuk kawasan, sedangkan satu kelompok melakukan sweeping di pabrik-pabrik.Para buruh menutup empat akses masuk ke kawasan industri, yaitu dari Jalan Kawasan Industri Pulogadung, Cakung; Jalan Buaran, Pulogadung; Pulogadung Trade Center; dan Jalan Bekasi Raya. Pengendara kendaraan bermotor yang hendak melintas pun diinstruksikan memutar balik dan mencari jalur alternatif.

Massa buruh yang melakukan sweeping datang ke pabrik menggunakan kendaraan roda dua. Beberapa perwakilan memasuki pabrik dan mengajak para buruh lainnya untuk ikut aksi dengan menggunakan pengeras suara. Beberapa buruh pun turut mengikuti aksi dan melakukan konvoi ke pabrik-pabrik selanjutnya. Pabrik yang berada di kawasan industri tersebut memproduksi berbagai barang, seperti garmen, farmasi, elektronik, dan kertas. Akibat unjuk rasa para buruh, aktivitas di pabrik-pabrik tersebut pun lumpuh. Hanya terdapat petugas keamanan yang berada di depan pabrik.
 
Demo buruh, gerbang tol Cikarang Barat ditutup
 
demo buruh cikarang
 
Bekasi (ANTARA News)


Petugas PT Jasa Marga menutup akses gerbang tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akibat aksi demo ribuan buruh, Rabu.

 "Gerbang tol Cikarang Barat kita alihkan ke arah gerbang tol Cikarang Utama arah Deltamas, Cikarang Pusat. Sebab, jalur GT Cikarang Barat tersumbat oleh aksi demonstrasi buruh di sekitar kawasan Jababeka," ujar Petugas Piket Sentral Komunikasi Jasa Marga, Supangat, di Bekasi.

 Menurut dia, penutupan akses keluar tol dari arah Jakarta menuju kawasan industri Jababeka 1 dan 2 tersebut dilakukan secara manual oleh petugas Jasa Marga dengan pemasangan rambu dilarang melintas.

 Arus kendaraan yang akan melintasi kawasan tersebut, kata dia, dialihkan melalui gerbang tol Cikarang Utama menuju Perumahan Deltamas, Cimahi, Cikarang Pusat.

 "Penutupan akses tol ini berlangsung sejak pukul 09.15 WIB. Jalur tersebut akan kita buka kembali kalau situasi sudah berangsur normal," katanya.

 Sementara itu, massa dengan beragam bendera serikat pekerja menduduki ruas jalan yang ditutup oleh petugas tol mulai dari jembatan layang hingga menjelang gerbang Tol Jakarta-Cikampek menggunakan motor.

 Aksi tersebut mendapat pengawalan ketat dari kepolisian setempat yang bersenjata lengkap. "Kami akan berupaya semaksimal mungkin agar massa tidak sampai masuk ke tol," ujar salah satu petugas polisi di lokasi.

Jakarta Siaga I, Hari Ini Demo Besar
 
demo besar jakarta kliping demonstrasi
 
TEMPO.CO , Jakarta


Hari ini Jakarta bakal dilanda demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan harga bahan bakar minyak. Dibantu aparat Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian RI mencurahkan kekuatannya untuk mengantisipasi aksi supaya tidak terjadi anarki. Sejumlah obyek vital nasional menjadi titik perhatian pengamanan.

 Juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menyatakan semua personel sudah siaga menghadapi demonstran. "Sudah dipastikan, terhitung hari ini (kemarin) seluruh personel Polda Metro Jaya memasuki status siaga 1," ujarnya kemarin. Rikwanto menyebutkan setidaknya 22.458 personel disiapkan menghadapi pengunjuk rasa, yang diperkirakan mencapai ribuan orang. Lokasi berkumpulnya massa diperkirakan di sekitar Tugu Monas, di depan Istana Negara, Bundaran Hotel Indonesia, dan gedung Dewan Perwakilan Rakyat.

 Aksi menolak rencana kenaikan harga Premium dan solar dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter itu disinyalir juga bertujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lantaran itu, kepolisian meminta bantuan TNI. "Aparat TNI dilibatkan untuk mengantisipasi massa jika jumlahnya besar," kata juru bicara Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution.

 Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul menjelaskan pengamanan dilipatgandakan karena ada potensi kerusuhan. "Beberapa aksi di daerah sudah rusuh," katanya saat dihubungi Tempo. Menurut dia, aparat tidak ingin kecolongan ketika kekacauan pecah.

 Aktivis Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan, Usman Hamid, menilai kekhawatiran pemerintah dan aparat keamanan tidak beralasan dan berlebihan. "Sampai saat ini demo cenderung damai," katanya.

0 Response to "Kliping Demo"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya