Contoh Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan


(1) Unsur-unsur ideologi Pancasila digali dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia
Nilai-nilai permusyawaratan

(2) Contoh dalam kehidupan
 Dalam visi demokrasi permusyawaratan, demokrasi memperoleh kesejatiannya dalam penguatan daulat rakyat, ketika kebebasan politik berkelindan dengan kesetaraan ekonomi, yang menghidupkan semangat persaudaraan dalam kerangka ’musyawarah-mufakat”

(3) Alasan 
sebagai semangat menjunjung tinggi kedaulatan rakyat adalah aktualisasi dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, dan nilai serta cita-cita kebangsaan yakni semangat permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan.

 Ket :
  1. Unsur-unsur ideologi Pancasila digali dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia
  2. Contoh dalam kehidupan
  3. Alasan
Contoh lainnya tentang  Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan : 
  1. Nilai-nilai ketuhanan (religiositas) 
  2. Indonesia bukanlah negara sekular yang ekstrem, yang memisahkan “agama” dan “negara” dan berpretensi untuk menyudutkan peran agama ke ruang privat/komunitas. Negara harus melindungi dan mengembangkan kehidupan beragama; sementara agama diharapkan bisa memainkan peran publik yang berkaitan dengan penguatan etika sosial. Namun,  Indonesia juga bukan “negara agama”, yang hanya merepresentasikan salah satu (unsur) agama dan memungkinkan agama untuk mendikte negara
  3. sebagai sumber etika dan spiritualitas (yang bersifat vertikal-transendental) dianggap penting sebagai fundamen etik kehidupan bernegara.
    -------------------------------------------------------------------
  1. Nilai-nilai persatuan bersumber dari internalisasi nilai-nilai persaudaraan kemanusiaan
  2. Persatuan dari kebhinekaan masyarakat Indonesia dikelola berdasarkan konsepsi kebangsaan yang mengekspresikan persatuan dalam keragaman, dan keragaman dalam persatuan , yang dalam slogan negara dinyatakan dengan ungkapan ’bhineka tunggal ika’.
  3. Indonesia adalah negara persatuan kebangsaan yang mengatasi paham golongan dan perseorangan


0 Response to "Contoh Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya