Makalah Ikatan Kimia


IKATAN KIMIA

A. Kestabilan Unsur

Pada tahun 1916, W. Kossel dan G.N Lewis menemukan adanya hubungan antara kestabilan gas mulia dengan dengan cara atom – atom saling berkaitan. Kedua ilmuan itu mengemukakan bahwa jumlah elektron pada kulit terluar dari dua atom yang saling berkaitan akan berubah sedemikian rupa sehingga konfigurasi elektron kedua atom sama dengan konfigurasi elektron gas mulia( 8 Elektron pada kulit terluarnya) disebut aturan oktet, sedangkan yang membentuk konfigurasi elektron stabil dengan dua elektronpada kulitterluarnya disebut aturan duplet.

Suatu unsur yang belum stabil akan berusaha menjadi stabil dengan jalan menyesuaikan susunan elektron valensinya agar seperti gas mulia,dengan cara :

1. Melepaskan Elektron
Unsur yang cenderung melepaskan elektron adalah unsur logam. Unsur logam bersifat elektropositif karena melepaskan elektron valensinya membentuk ion bermuatan positif

2. Menerima elektron
Unsur – unsur yang cenderung menerima elektron adalah unsur non logam yang menerima elektron akan membentuk ion negatif (bersifat elektronegatif)

3. Penggunaan Pasangan Elktron Bersama
Atom – atom yang sukar melepas elektron atau menerima elektron dalam mencapai ke-stabilan, yaitu dengan cara membentuk pasangan elektron yang dipakai bersama. Lambang Lewis adalah suati tanda titik (.) atau silang (x) yang menggambar keadaan elektron valensi suatu atom dalam membentuk ikatan contoh :

7N : 2.5, Lambang Lewis N
17CI : 2.8.7, Lambang Lewis CI

B. Jenis Ikatan Kimia

1. Ikatan Ion
Ikatan Ion terbentuk akibat gaya elektrostatis antara ion yang berlawanan muatan (ion positif denga ion negatif) sebagai serah terima elektron dari suatu atom unsur logam dengan atom unsur non logam.

2. Ikatan Kovalen
Dalam mencapai kestabilan, tidak semua unsur mampu melepasakan atau menerima elektron dan menjadi ion – ion. Unsur – unsur yang tidak mampu melepaskan atau menerima elektron, akan melakukan penggunaan elektron valensinya dengan ataon unsur lain untuk membentuk senyawa.

Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terjadi akibat penggunaan bersama pasangan elektron oleh dua atom. Ikatan ini dibedakan menjadi 3 yaitu :

a. Ikatan Kovalen Tunggal :
Ikatan Kovalen Tunggal terjadi bila terjadi pemakaian 1 pasang elektron secara bersama – samaoleh atom yang berkaitan :

b. Ikatan Kovalen Rangkap Dua
Bila terdapat dua pasang elektron yang digunakan bersama oleh atom – atom yang berikatan, maka terbentuk ikatan kovalen rangkap dua.

c. Ikatan Kovalen Rangkap Tiga
Bila di antara atom yang berikatan terdapat tiga pasang elektron yang digunakan bersama, maka terbentuk ikatan kovalen rangkap tiga.

Berdasarkan sifat kepolaran suatu senyawa maka ikatan kovalen dibagi menjadi ikatan kovalen polar dan kovaler non polar.

a. Ikatan Kovalen Polar
Ikatan Kovalen Polar jika PEI(pasangan elktron ikatan) tertarik lebih kuat ke salah satu atom. Atom yang lebih kuat menarik elektron ikatan akan mempunyai muatan negatif sebagian (parsial negatif), dan atom yang lebih lemah akan bermuatan positif sebagian (parsial positif)

b. Ikatan Kovalen Nonpolar
Ikatan Kovalen Nonpolar jika PEI (pasangan elektron ikatan) tertarik sama kuat sama ke semua atom. Ikata yang terjadi memperkuat ikatan kovalen non polar mengingat tidak adanya perbedaan harga elektronegativitas antar dua atom yang sama. Dengan demikian tidak ada muatan parsial positif maupun parsial negatif dalam molekulnya.

3. Ikatan Kovalen Koordinasi
Ikatan Kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen dimana pasangan elektron milik bersama hanya disumbangkan oleh suatu atom, sedangkan atom, sedangkan atom yang lain tidak menumbangkan elektron.

4. Ikatan Logam
Ikatan Logam Adalah ikatan antara atom – atom logam dalam suatu unsur logam dengan suatu unsur logam dengan menggunakan interaksi antara elektron valensi. Logam mempunyai sifat – sifat fisis yang khas diantaranya :

a. Mempunyai ikatan logam sangat kuat dan sukar diputuskan
b. Titik didih dan titik leleh sangat tinggi
c. Mengkilap
d. Dapat ditempa dan diregangkan menjadi kawat
e. Penghantar panas dan listrik yang baik

Untuk Lebih Jelasnya Anda bisa Mengunduh Makalah Ikatan Kimia dibawah ini. Saya memberikan dua buah refrensi Makalah/Artikel yang bisa Anda download


Baca juga :

0 Response to "Makalah Ikatan Kimia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya