Materi dan Pembelajaran IPS SD/PDGK 4405 Program Studi S1 PGSD



DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
TT2


HARI / TANGGAL : MINGGU, 4 NOPEMBER 2012
PROGRAM STUDI : S1 PGSD
MATA KULIAH : MATERI DAN PEMBELAJARAN IPS SD/PDGK 4405
POKJAR : KARANGNUNGGAL, KAB. TASIKMALAYA
SEMESTER : VIII
TUTOR : ..........................................




A. Berikan tanda silang pada salah satu huruf a, b, c dan d di depan alternatif jawaban yang paling tepat pada lembar jawaban yang tersedia.

1) Perkataan sejarah dalam bahasa Arab adalah “syajaratun”, yang artinya ......

a. pohon kayu

b. cerita

c. kisah

d. belajar sambil bertanya-tanya


2) Sejarah ialah suatu proses interaksi serba terus antara sejarawan, dengan fakta – fakta yang ada padanya; suatu dialog tiada henti – hentinya antara masa sekarang dengan masa silam. Definisi inii berasal dari ......

a. Muhammad Yamin

b. Ismaun

c. Edward Hallet

d. James Bank


3) “Historia, Magistra Vitae” mengandung pengertian ......

a. sejarah adalah guru besar

b. sejarah adalah mempelajari waktu lampau

c. sejarah adalah guru kehidupan

d. sejarah adalah gurunya umat manusia


4) Pembagian waktu dalam sejarah adalah pelting dalain kontinuitas dimensi waktu yang lalu, sekarang, dan masa yang akan datang. Sehingga ilmu sejarah mempelajari segala peristiwa yang terjadi dalam waktu ......

a. sepanjang waktu yang bersifat kontinu

b. waktu yang lalu sampai sekarang

c. waktu yang lalu, waktu sekarang, dan waktu yang akan datang

d. waktu yang lalu


5) Sangat luas dan tak terbatasnya waktu dalam sejarah maka diadakan pembatasan kurun waktu tertentu yang disebut kecuali .......

a. pembabakan

b. periodisasi

c. serealisasi

d. pemenggalan

6) Di antara unsur-unsur sejarah berikut yang paling cepat inengalami perubahan ialah unsur ......

a. waktu

b. ruang

c. perilaku manusia

d. lingkungan sosial

7) Bagi manusia yang beriman kepada Tuhan patut meyakini akan pentingnya waktu seperti yang dinyatakan dalam Alquran : Demi waktu, yang harus dimanfaatkan oleh manusia untuk berbuat ......

a. Sesuka hati agar hidup senang dan bahagia

b. Kebajikan dan saling mengingatkan

c. Seperlunya dan semampunya supaya wajar

d. Semaksimal mungkin sesuai dengan hukum sejarah


8) Gerakan waktu adalah progresif ini menurut pandangan ......

a. filsafat sejarah

b. peradaban barat

c. kosmologi

d. tiga dimensi


9) Berikut ini merupakan contoh sejarah lokal, yaitu ......

a. perkembangan APEC

b. perumusan teks proklamasi

c. palagan Ambarawa

d. revolusi Amerika

10) Dibawah ini adalah merupakan konsep – konsep dasar sejarah, kecuali .......

a. ruang tempat kejadian berlangsung

b. manusia sebagai pelaku peristiwa

c. kelangkaan kebutuhan kehidupan

d. waktu peristiwa sejarah

11) Sekalipun dapat dibedakan, antara perubahan sosial dan kebudayaan mempunyai satu aspek yang sama, yaitu kedua – duanya bersangkut – paut dengan ......

a. suatu pemaknaan cara-cara baru

b. kaidah-kaidah hidup bermasyarakat

c. cara-cara menangani problema sosial

d. nilai-nilai luhur kepribadian bangsa

12) Contoh perubahan yang membawa pengaruh yang sangat besar pada masyarakat adalah ......

a. perubahan mode pakaian dan kesenian

b. perubahan sistem perdagangan dan hubungan internasional

c. perubahan kebiasaan masyarakat dan sistem mata pencaharian hidup

d. ledakan penduduk dan proses industrialisasi


13) Yang bukan merupakan faktor penyebab perubahan sosial yang bersumber dalam masyarakat sendiri adalah .......

a. peperangan dengan negara lain

b. bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk

c. penemuan baru

d. terjadinya pemberontakan

14) Salah satu faktor yang rnendorong jalannya proses perubahan adalah ......

a. adanya kepentingan-kepentingan

b. rasa takut terjadinya kegoyahan pada integrasi bangsa

c. prasangka terhadap pihak luar

d. orientasi ke masa depan

15) Nilai bahwa hidup ini pada hakikatnya tidak mungkin diperbaiki merupakan faktor ......

a. pendorong terjadinya perubahan

b. penghambat terjadinya perubahan

c. penyebab perubahan dari dalam

d. penyebab perubahan dari luar

16) Pernyataan berikut ml yang dianggap benar adalah ......

a. perubahan unsur-unsur budaya tidak akan mempengaruhi perubahan kehidupan inasyarakat pendukungnya

b. perubahan unsur-unsur budaya yang kecil tidak berdampak pada perubahan sistem dan lembaga sosial

c. setiap perubahan unsur-unsur budaya sudah pasti akan mengubah sistem sosial budaya masyarakatnya

d. perubahan unsur budaya tidak berpengaruh terhadap perubahan sosial

17) Faktor penunjang perubahan kebudayaan yang paling dominan pengaruhnya terhadap perubahan sistem dan lembaga kemasyarakatan adalah .....

a. akulturasi

b. asimilasi

c. inovasi

d. enkulturasi

18) Pernyataan yang menggambarkan proses akulturasi adalah ......

a. percampuran dua kebudayaan yang berbeda tanpa kehilangan kepribadian budaya masing-masing

b. penyesuaian atau peleburan sifat-sifat kebudayaan dengan sifat – sifat kebudayaan yang berbeda

c. proses penemuan baru oleh suatu masyarakat

d. proses penyebaran unsur-unsur budaya suatu masyarakat ke masyarakat lain

19) Nilai budaya berikut ini yang merupakan pengaruh budaya asing adalah ......

a. kekerabatan

b. sekularisme

c. gotong-royong

d. koperasi


20) Budaya merupakan mekanisme adaptasi manusia terhadap Iingkungan alam tampak dan pemyataan berikut ......

a. adaptasi dengan Iingkungan sosial

b. adaptasi dan interaksi sosial

c. toleransi dalam kehidupan beragama

d. menerapkan IPTEK untuk mengolah sumber daya alam


B. Essay

1. Dalam kehidupan bermasyarakat perluadanya proses sosialisasi untuk mengatasi berbagai konflik yang muncul, serta menerima hal-hal yang baru, untuk mendorong terjadinya perubahan sosial yang diharapkan, untuk itu coba jelaskan tentang :

a. Konsep perilaku sosial

b. Konsep perubahan sosial

c. Terjadinya konflik sosial


2. Kesejahteraan secara ekonomi merupakan impian setiap orang, untuk mendapatkan alat-alat pemuas kebutuhan baik barang maupun jasa, untuk itu coba jelaskan !

a. Konsep dasar produksi

b. Konsep dasar distribusi dan konsumsi

c. Konsep dasar kesejahteraan

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS TERBUKA
TT 3

Hari/Tanggal : Minggu, 18 Nopember 2012
Program Studi : SI PGSD
Mata Kuliah : Materi dan Pembelajaran IPS SD / PDGK 4405
Pokjar : Karangnunggal, Kab.Tasikmalaya
Semester : VIII
Tutor :
I. Pendekatan Kontekstual (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata, coba jelaskan :

a. Apa yang dimaksud dengan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran ?
b. Mengapa Pendekatan Kontekstual lebih penting untuk diterapkan dalam proses pembelajaran?
c. Sebutkan 5 perbedaan proses pembelajaran antara pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional yang anda ketahui?

II. Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi dan Masyarakat (ITN) merupakan upaya untuk memberikan wawasan kepada siswa secara nyata, coba jelaskan :
a. Mengapa perlu memasukan konsep ilmu, teknologi dan masyarakat dalam pembelajaran IPS SD?
b. Coba Anda kemukakan dampak positif dan dampak negatif lainya dari kemajuan di bidang teknologi. Adakah yang anda rasakan langsung dari dampak tersebut?
c. Jelaskan konsep, proses, sikap, kreativitas dan aplikasi ITM dan tradisional menurut perbandinganya yang dikemukakan oleh Yager!

III. Dalam kegiatan pembelajaran, guru berperan sebagai pembimbing siswa dalam melakukan belajar, coba jelaskan :
a. Apakah perbedaan tugas guru sebagai mediator dan sebagai fasilisator?
b. Sebutkan dan jelaskan fungsi sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran!
c. Jelaskan peran guru sebagai pengelola kelas!

0 Response to "Materi dan Pembelajaran IPS SD/PDGK 4405 Program Studi S1 PGSD"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya