Contoh Soal Ukg Guru SD
CONTOH SOAL UKG GURU SD
1. Bagaimana cara anda memperlakukan murid dengan berbagai macam karakter dan kepribadian?
A.Memberikan materi seperti apa adanya dalam MGMP
B.Membuat kelompok-kelompok diskusi
C.Memberikan materi dengan memperhatikan keragaman yang ada
D.Memberi apresiasi dan dorongan sesuai kemampuan masing-masing anak
2. Apakah yang menjadi dasar bagi anda dalam penerimaan siswa?
A.Kemampuan akademik berupa baca dan tulis
B.Umur dan Kemampuan mental atau psikologi untuk belajar hal baru
C.Kemampuan sosialisasi dengan teman dan guru
D.IQ dan hasil test kecerdasan
3. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
4. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.Fasilitas fisik
C.Ukuran kewilayahan
D.Penggunaan waktu
5. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen
6. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.Linier
B.Kontradiktif
C.Konvergen
D.Collective
7. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.Information
B.Convergence
C.Mutual Understanding
D.Network Relationship
8. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
9. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
10. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A.Pembelajaran Kelas Rangkap
B.Lesson Study
C.PAKEM
D.CBSA
PENJASKES
Rekomendasi untuk judul adalah
A.8-10 kata
B.10-12 kata
C.12-15 kata
D.15-30 kata
Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.memaparkan bidang ilmu tertentu
B.merupakan deskripsi suatu kejadian
C.menggunakan gaya bahasa resmi
D.disajikan secara sistematis
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal,
dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks.
Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah,
kecuali A.pendidikan
B.kebudayaan
C.pemulung
D.informatika
Referensi memuat semua rujukan yang
A.pernah dibaca penulis
B.perlu dibaca pembaca
C.dimuat dalam badan tulisan
D.diperlukan dalam pengembangan tulisan
Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian
pendahuluan adalah berikut ini A.Apa inti teori/konsep yang dibahas?
B.Mengapa konsep itu dibahas?
C.Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
D.Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya
menyajikan tentang A.rangkuman dan tindak lanjut
B.simpulan umum
C.rekomendasi penulis
D.simpulan dan saran
Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif
dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya
untuk menjaga kualitasdari aspek A.panjang tulisan
B.nada tulisan
C.gaya tulisan
D.bahasa tulisan
Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah,
seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu
aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah A.sistematika tulisan
B.panjang tulisan
C.ragam bahasa yang digunakan
D.pengarang
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya
bahasa yang bersifat A.resmi
B.baku
C.impersonal
D.personal
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A.sikap penulis
B.panjang tulisan
C.struktur sajian
D.penggunaan bahasa
Peragaan pada garis bilangan di bawah ini menyatakan pengerjaan hitung
A.6 - 4
B.6 - (-2)
C.6 + (-2)
D.6 + (-4)
Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A.Kegiatan pemeliharaan terbatas
B.Fasilitas fisik
C.Ukuran kewilayahan
D.Penggunaan waktu
Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)
Bila operasi * pada bilangan bulat didefinisikan sebagai a * b = a+b-7 maka nilai x sehingga untuk setiap bilangan bulat a berlaku x * a = a adalah...
A.-7
B.0
C.7
D.14
Pada operasi pengurangan bilangan-bilangan bulat tidak berlaku sifat - sifat berikut, kecuali....
A.komutatif
B.asosiatif
C.tertutup
D.ada unsur inversinya
Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.Linier
B.Kontradiktif
C.Konvergen
D.Collective
Bila model yang dipasang pada skala 0 dan menghadap ke bilangan negatif, kemudian dilangkahkan mundur 3 kali dengan setiap langkah 4 skala, maka peragaan ini menunjukkan operasi hitung...
A.(-3) x (-4)
B.3x(-4)
C.(-4)x(-3)
D.(-4)x3
Seekor burung terbang ke utara dengan kecepatan 10 m/detik. Dari utara tertiup angin dengan kecepatan 11 m/detik, maka besarnya kecepatan burung tersebut ke arah utara adalah....
A.1 m/detik
B.-1 m/detik
C.-21 m/detik
D.21 m/detik
Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.Tujuan yang ingin dicapai
B.Prosedur yang digunakan
C.Kondisi normatif
D.Struktur sosial
Bagaimana cara anda memperlakukan murid dengan berbagai macam karakter dan kepribadian?
A.Memberikan materi seperti apa adanya dalam MGMP
B.Membuat kelompok-kelompok diskusi
C.Memberikan materi dengan memperhatikan keragaman yang ada
D.Memberi apresiasi dan dorongan sesuai kemampuan masing-masing anak
Soal Pedagogik
1. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD dari aspek sosial yaitu ….
a.mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
b.berperan serta dalam permainan logika
c.menyukai teman sebaya lawan jenis
d.dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
2. Anak usia SD sering disebut “usia berkelompok”. Hal tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak aspek ….
a.intelektual
b.emosional
c.sosial
d. moral
3. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD ditinjau dari aspek fisik, kecuali ….
a.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
b.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
c.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
d. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
4.Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan ….
a.penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
b.berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
c.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang .
d.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
5. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD aspek emosional, kecuali ….
a.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
b.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
c.menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
d.memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis
6. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
a.trial and error
b. pendidikan langsung,
c. identifikasi
d.observasi
7. Mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia SD yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
a.masalah sosial
b.tubuh manusia
c.kesehatan manusia
d. bidang olahraga
8. Dalam pembelajaran PKn, guru kelas SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: “Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat”, kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
a.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
b.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
c.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
d. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
9. Dalam pembelajaraan Matematika, ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
a.kesehatan
b.status
c.penampilan
d.pekerjaan
10. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, saat ada siswa yang sangat ingin memerankan tokoh dongeng yang disukainya berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap ….
a.penampilan
b.pekerjaan
c.sekolah
d.status
11. Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar : ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
a.kesehatan
b.seks
c.penampilan
d.pekerjaan
12. Mata pelajaran IPS ‘minat siswa terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
a.nama-nama keluarga
b.penampilan diri
c.ikatan kekerabatan
d.jenis pekerjaan orang tua
13. Sebelum mempelajari : ’Perkalian bilangan’, kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.membagi
b.menjumlah
c.mengurang
d.menghitung
14. Untuk kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a.membuat karangan deskriptif
b.melengkapi kalimat belum selesai
c.menyusun kalimat sederhana
d.membaca kalimat sederhana
15. Kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
a.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
b.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
c.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
d. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
16. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
a. artikulasi
b.suara
c.kosakata
d.kelancaran
17. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia SD, kecuali ….
a.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
b.adanya gangguan hubungan keruangan
c.kesulitan dalam bahasa dan membaca
d.gangguan mengenal dan memahami simbol
18. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
a.merumuskan alternatif pemecahan masalah
b.menangkap makna secara penuh
c.mengingat kembali kata-kata
d.membandingkan informasi yang diterima
Soal Profesional
Gambarlah penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda : (hitam dan putih)
Gambarlah perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
Buktikan bahwa perkalian 5 X (– 3) = – 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
Gambarlah perkalian – 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
Buatlah jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan !
Mengapa jamur termasuk heterotrof ?
Dalam sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut !
Jelaskan perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan contohnya masing-masing !
Apa yang terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas ke sungai ?
Jelaskan bahwa pemakaian DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan menyebabkan air lingkungan ikut tercemar !
Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca !
Mengapa karbon monoksida atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia ?
Secara historis epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
Coba anda jelaskan tentang pertama kali munculnya istilah IPS ?
Perkembangan pemikiran pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an, pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan jelaskan !
Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
Dikatakan bahwa IPS dapat memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman !
Jelaskan pengertian pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
Bandingkanlah pendekatan tujuan dan pendekatan struktural !
Apa yang dimaksud dengan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia ?
Apa yang dimaksud dengan pendekatan Whole language ?
Bagaimanakah guru melakukan penilaian dalam kelas Whole language ?
Sumber : ptkguru.com
Contoh soal UKG SD
1. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
5. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
6. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
7. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
9. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
Untuk contoh soal ukg SD lainya atau mencari kisi kisi mata pelajaran lain dan kunci jawaban bisa juga bapak ibu cari di kolom pencarian di bawah ini siapa tahu ada yang bapak ibu cari semua,
0 Response to "Contoh Soal Ukg Guru SD"
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya