Proposal Permohonan Bantuan Dana Renovasi Mesjid



PROJECT PROPOSAL

A. PEDAHULUAN
 
Dengan adanya bangunan masjid yang kondisinya baik, indah, rapi dan bersih akanrasa betah dan tentram kepada jama’ah, sehingga para jama’ah akan khusukepada Allah SWT. Kekhusuan beribadah di dalam masjid sungguhdambaan bagi para jama’ah. Hal inl bukan saja menambah nilai ibadah yangmelainkan juga dapat memberikan dorongan kepadanya agar senantiasamasjid dan betah berada di dalamnya sekaligus betul-betul ikhlas berserah Allah SWT.

Dalam rangka meningkatkansarana ibadah umat Islam di Dusun BojongsalaweKarangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, kami pengurus DewanMesjid “ Al - Ikhlas “ beserta seluruh elemen masyarakat secararoyong akan merencanakan renovasi mesjid yaitu berupa perbaikan atapyang sudah sebagian ambruk, sebagian sumber dana berasal dari swadayaberupa urunan seluruh warga Dusun Bojongsalawe Desa Karangjaladri Parigi Kabupaten Pan gandaran.

B. BELAKANG PERMASALAHAN
Mesjid “ Al - lkhlas “ terakhir di renovasi yaitu pasca terjadinya bcncanaPangandaran pada tahun 2006, hingga saat ini perawatan dan pemcliharaanmasih sering dilaksanakan namun tidak bisa secara total kami melakukan secaramengingat dana yang ada hanya bersumber dari swadaya masyarakat. Mengingat usia kayu yang digunakan untuk penyangga atap sudah lama dan mulai lapuk sehingga tidak bisa menahan beban genting maka di bagian samping kiri atap sudah ambruk.kondisi seperti itu dan hasil musyawarah bersama maka kami untuk sementara

kegiatan ibadah di mesjid tersebut demi keselamatan bersarna. Berangkat dari kondisi tersebut maka kami berupaya dan berencana untuk melaksanakan renovasi ataptersebut, dan anggaranyang dibutuhkan sebesar Rp. 300.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah). Melihat Jumlah dana yang dibutuhkan yang tidak sedikit dan tidak setara dengan perekonomian di wilayah kami yang sebagian besarnelayan dan dengan keadaan cuaca yang buruk sehingga kami banyak yang tidakmelaut. Namun kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengadakan urunanrenovasi tersebut, dan dana yang telah ada masih belum bisa menutup kebutuhan tersebut, maka kami berinisiatif untuk mengajukan Proposal Permohonan bantuan dana demi kelancaran kegiatan tersebut.

C. MAKSU DAN TUJUAN 
 
Maksud Kegiatan Renovasi Mésjid ‘ Al – Ikhlas “ Blok Perum Dusun Bojongsalawe Rt. 015 Rw. 006 Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kab. Pangandaran adalah untuk mewujudkanya sarana ibadah bagi umat Islam yang permanen dan representatif, sehinga dengan sarana beribadah yang lebih layak warga masyarakat dapat menjalankan aktivitas peribadatan dengan tenang dan khusyu.
Dan bertujuan mewujudkan lingkungan masyarakat yang agamis atau religiusdengan tingkat keimanan dan ketaqwaan yang baik, sehingga dapat ikut berkiprah mengembangkan syariat dan syiar Islam secara nyata di tengah-tengah tantangan modemisasi dan globulisasi.

D. SUSUNAN KE PANITIAAN
 
Terlampir

E. RENCANA ANGGARAN YANG DIBUTUHKAN
  1. Rencana Anggaran Biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 300.000.000
  2. Kekurangan dana Rp. 300.000.000
    Untuk lebihjelas Rincian Anggaran Biaya Terlampir.
F. SPESIFIKASIKEGIATAN DAN WAKTU PELAKSANAAN
 
Mesjid “Al – Ikhlas“ berlokasi di Jalan Pantai Bojongsalawe Blok PerumBojongsalawe Rt. 015 Rw. 006 Desa Karangjaladri Kec. Parigi Kab. Pangandara, tersebut terletakdi lahan Harim Laut (Tanah Negara).

Untuk lebih lengkapnya tentang Proposal Permohonan Bantuan Dana Renovasi Mesjid, Anda dapat mengunduhnya/download, didalam proposal yang Anda download sudah saya lengkapi dengan contoh dokumen - dokumen yang dapat memperlancar proses pengajuan renovasi


0 Response to "Proposal Permohonan Bantuan Dana Renovasi Mesjid"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya