Artikel Bahaya Obesitas



ARTIKEL BAHAYA OBESITAS

Nama : Atik Atikah
Kelas : XI TKJ 4

Obesitas adalah adalah suatu keadaan di mana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebihan, sehingga berat badan jauh melebihi angka normal dan dapat membahayakan kesehatan. Obesitas terjadi oleh adanya ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan energi yang keluar.

Seseorang yang obesitas akan mudah jatuh dan mudah mengalami kecelakaan bila dibandingkan dengan orang yang lebih kurus, karena mereka lebih lambat dan sulit untuk bergerak. 


Menurut data WHO tahun 2010, penduduk Indonesia yang mengalami kelebihan berat badan 78,2 juta (32,9%) dan yang mengalami obesitas 9,8 juta (4,1%). Data itu menunjukkan bahwa kegemukan dan obesitas di Indonesia perlu penanganan yang serius.

Obesitas dapat terjadi akibat ketidak seimbangan energi yang masuk dan energi yang digunakan. Peningkatan angka obesitas secara global di dunia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain peningkatan konsumsi makanan padat energi, tinggi lemak dan gula namun rendah kandungan vitamin, mineral dan zat gizi mikro lainnya. Selain itu adanya suatu tren penurunan aktivitas fisik yang disebabkan oleh gaya hidup yang santai dan bermalas-malasan (sedentary), pekerjaan yang padat, perubahan model transportasi dan peningkatan urbanisasi.3

Obesitas yang tidak ditangani dapat berdampak serius terhadap kesehatan. Bebagai hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan erat antara obesitas dengan faktor resiko penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus tipe II, hipertensi, dislipidemia, jantung bahkan kanker.

Obesitas menjadi faktor resiko berbagai penyakit
  1. Obesitas dan Diabetes Mellitus
  2. Obesitas dan Kanker
  3. Obesitas dan Penyakit Jantung/Kardiovaskular
  4. Obesitas dan Osteoarthritis
  5. Obesitas dan Hipertensi

0 Response to "Artikel Bahaya Obesitas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya