Wirausahan Yang Sukses


Menjadi seseorang pengusaha rumah makan adalah contoh wirausaha sukses yang dapat memberikan banyak keuntungan baik secara moral dan materi. Sekarang ini banyak sekali rumah makan yang menjamur di perkotaan. Mereka menawarakan masakan rumahan yang citarasanya tidak kalah dengan restoran-restoran di perhotelan. Pada umumnya mereka menamainya dengan rumah makan Tegal atau Warteg. Dikarenakan pemerintah telah menghapus pajak setoran untuk rumah makan yang beromzet sehari lebih dari Rp 500.000, pembukaan warung tegal menjadikan sebuah peluang usahayang menguntungkan. Kemudian, melihat sasaran konsumen adalah hal yang terpenting dalam usaha warung makan ini. Contohnya adalah warung –warung tegal didaerah Jakarta yang banyak sekali peminatnya seperti pegawai kantoran, buruh pabrik, buruh bangunan, tukang becak, dan masyarakat umumya. Meraka memilih untuk membeli makan di warteg karena terjangkau dan penyajian makanan yang tidak kalah enak dengan restoran –restoran mewah.


A. Contoh – Contoh Wirausaha Sukses Dari Beberapa Bidang

1. Bidang Rumah Makan

Memanfaatkan peluang yang ada dan berusaha terus dengan penuh semangat adalah dua hal yang wajib dilakukan dalam contoh wirausaha sukses. Ada beberapa langkah untuk memulai usaha warung makan. Pertama, mengurus urusan administratif yang berhubungan dengan izin usaha dari RW setempat dan tentu saja siapkan mental yang kuat untuk menghadapi tantangan yang menghadang nantinya. Kedua, setelah itu tetapkan sasaran pembeli seperti yang disebutkan pada paragraph sebelumnya. Ketiga lakukan analisis persaingan dengan menyajikan wariasi makanan dan minuman yang akan dijual ke pembeli seperti sayur-sayuran; sayur kacang tahu, kacang merah, soto dan lauk pauk yang disajikan harus bervariasi pula seperti, tempe, tahu, perkedel, tempe, mendoan, ayam goreng, ikan, dan lainnya. Selanjutnya siapkan modal awal yang mencukupi dan tempat yang strategis untuk membuka usaha anda seperti di dekat perkantoran atau kampus kampus di universitas, karena banyak sekali mahasiswa yang akan berkunjung ke warung anda.

Selain hal-hal diatas kita harus menyiapkan perorganisasian usaha yang jelas dan mengetahui daftar belanja bahan bakunya serta penyiapan biaya fasilitas seperti biaya listrik, air bersih adan bahan bakar. Sebagai contoh dalam hal melakukan pembelian bahan baku seperti ikan. Seorang pengusaha juga harus memjalin kerjasama antara pengusaha lainnya seperti pengusaha ternak ikan lele dan ikan air tawar lainnya. Itu akan menjadi sebuah contoh wirausaha sukses di bidang perikanan yang menjalin mitra dengan rumah makan. Jadi kedua belah pihak akan diuntungkan dalam hal pemasaran dan pemasokan bahan mentah makanan.

2. Bidang Fashion

Sekarang ini selain maraknya usaha rumah makan dan warung makan. Contoh wirausaha sukses di Indonesia adalah yang bergelut dengan bidang fashion dan pakaian. Sebagai contoh, sekarang ini banyak ditemukan pengusaha pakaian yang berbasis distro dengan menjadikan remaja sebagai sasaran konsumennya. Hal ini disebabkan karana gaya hidup yang mewah pada kaum remaja, sebagai seorang wirausahawan yang ingin sukses kita harus memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan para remaja itu dengan berinvestasi di bidang distro atau rumah pakaian. Dengan modal yang tidak lah tinggi dan pengadaan pegawai dengan tekni sablon kain yang bagus kita bisa memulai usaha distro.

Dalam industri perdistroan banyak sekali pengusaha distro yang mengendorse produk pakaian mereka dengan berbagai kelompok music seperti band-band metal dan hardcore. Dengan adanya anggota band yang cukup terkenal memakai salah satu produk pakaian distro itu. Hal tersebut menjadikan langkah yang pasti untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan produk-produk pakaian tersebut ke remaja, karena remaja-remaja sekarang sangat suka meniru fashion band kesukaannya. Beberapa contoh produk fashion distro sebagai contoh wirausaha sukses adalah produk produk untuk kalangan remaja semua seperti kaos, topi, kemeja, celana jeans, tas, dan asesoris pakaian lainnya.


3. Bidang Kebutuhan Pokok

Usaha dalam bidang pemenuhan kebutuhan pokok primer sebagai contoh wirausaha sukses seperti makanan dan pakaian yang telah dijelaskan diatas akan memberikan keuntungan yang tidaklah rendah. Jadi semangat dan tekad yag tinggi untuk melihat peluang pasar sangatlah dibutuhkan dalam menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan wirausahanya masing masing. Janganlah takut dengan modal yang sedikit, seorang entrepreneur atau pengusaha harus jeli dan kreatif dalam mengembangkan usahanya.

Sebagai calon wirausahawan yang sukses, kita rakyat Indonesia harus memulainya dari hal yang kecil seperti berjualan dan melakukan hobi yang menguntungkan seperti koleksi batu akik, dan memelihara kucing-kucing menarik. Setelah dirasa sudah sukses pengusaha dapat merekrut pegawai dan secara tidak langsung mengurangi pengangguran yabng ada di indoensia. Kesimpulannya adalah kita dapat memulai usaha dalam bidang yang kita minati sebagai contoh wirausaha sukses untuk generasi berikutnya.


0 Response to "Wirausahan Yang Sukses"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya