Laporan Karya Tulis Penelitian Terhadap Pabrik Kecap



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................... i
DAFTAR ISI........................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN...........................................................   1
1.1. Latar Belakang........................................................... 1
1.2. Tujuan dan Kegunaan........................................................... 1
1.3. Metode Penelitian........................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN........................................................... 2
BAB III PENTUP........................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA........................................................... 7

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG
Sengaja kami membuat laporan karya tulis ilmiah ini (ke pabrik kecap), untuk memnuhi ujian dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Sedangkan permasalahan yang kami bahas dalam laporan ini hanya permasalahan sederhan yang terjadi di pabrik kecap, misalnya Cara Pembuatan Kecap dan Pemasarannya yang kurang berhasil di karenakan kurangnya masyarakat mengkonsumsi kecap.

1.2. TUJUAN & KEGUANAAN
Penelitian terhadap pabrik kecap yang tertuang dalam laporan ini supaya pembaca dapat mengetahui proses pembuatan kecap dan mengetahui betapa penting dan berartinya peranan kecap di masyarakat, yang mana kegunaan kecap itu sendiri untuk meningkatkan gizi masyarakat karena di dalam kecap terdapat banyak kandungan gizi dan protein

1.3. METODE PENELITIAN

  • Mengamati Pabrik Kecap
  • Membaca buku – buku yang ada hubungannya dengan kecap
  • Hasil Penelitian Kami Sendiri

BAB II
PEMBAHASAN

Kecap merupakan salah 1 hasil oleh kedelai yang berbentuk cairan kental, berwarnacoklat kehitaman dan mempunyai rasa manis. 

gambar kecap

Kecap banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan penyedap  masakan, bumbu untuk masakan tertentu, serta kadang – kadang langsung dimakan  bersama dengan nasi.Masyarkat memanfaatkan kecap karena rasanya yang sangat khas dan enak serta mempunyai kandungan gizi yang cukup baik untuk tubuh.

Dalam pembuatan kecap dibutuhkan bahan dasar kedelai. Jenis kedelai yang  baik untuk Kecap adalah Kedelai hitam karena kedelai hitam akan diperoleh warna  kecap yang menarik. Kedelai yang digunakan dalam pembuatan kecap sebaiknya  dipilih kedelai yang baik, tua, bersih, utuh serta masih baru yang tidak disimpan  dalam dalam gudang. Untuk membentuk rasa kecap yang manis, Sedap dan Enak  dalam pembuatan kecap perlu ditambahkan bumbu seperti gula merah, garam.

Alat – alat yang digunakan sebaiknya dipilih alat – alat yang yang tahan lama  terhadap garam dan tidak mudah berkarat. Alat – alat itu diantaranya, tampah untuk menghamparkan kedelai, wadah untuk mencuci kedelai, wajan besar, kompor /  (tungku besar) dan penyaringan.

proses pengolahan kecap

Cara Pembuatan Kecap ada 3 Tahap :
  1. Pemilihan, pemilahan kedelai
  2. Penjamuran kedelai (fermentasi)
  3. Penggaraman (Fermentasi garam)
gambar kedelai untuk kecap


Kedelai dipilih untuk mendapatkan kedelai yang baik. Pemilihan dilakukan dengan cara memisahkan kedelai yang baik dari kedelai yang rusak serta benda asing lain yang mengotorinya.

Selanjutnya kedelai yang bagus dicuci dengan menggunakan air bersih. Pencucian dilakukan dengan menggosok – gosok kedelai dengan tangan. Kedelai hasil pencucian kemudian direbus hingga mendidih selama 10 menit. Perebusan dimaksudkan agar kedelai tidak tumbuh menjadi kecambah apabila direndam

Setelah direbus lalu direndam dengan menggunakan air rebusannya selama satu malam. Yang perlu diperhartikan dalam perendaman adalah semua kedelai harus terendam secara merata. Kelima adalah pengulitan yaitu proses memisahkan kedelai dari kulit

proses perebusan

Perebusan tahap dua dilakukan terhadap kedelai yang telah bebas dari kulit. Perebusan dilakukan hingga Kedelai benar – benar masak. Kedelai hasil perebusan kemudian dihamparkan kedalam tampah untuk selanjutnya didingin – dinginkan. Setelah itu penjamuran kedelai. Kedelai yang telah berjamur ditutup dengan daun pisang dan diperam pada suhukamar 38 jam. Setelah itu Kedelai dijemur dibawah sinar matahari agar kedelai tidak busuk oleh adanya kegiatan jamur. Setelah itu perendaman dalam larutan garam dengan kadar garam 20%

proses-fermentasi-untuk-kecap


Selanjutnya di Fermentasi / diabiarkan 3-4 minggu. Proses ferementasi sebaiknya dilakukan pada awadah yang tahan karat seperti baskom plastik. Setelah Fermentasi kedua selesai, kedelai ditambah dengan sejumlah air, didihkan, kemudian disaring, cairan hasil penyaringan kemudian diberi gula merah, didihkan dan disaring ulang. Larutan kecap encer dipanaskan hingga mencapai kekentalan. 
Yang terakhir adalah proses pembotolan. Sebelum di masukan kedalambotol, sebaiknya kecap diendapkan dahulu. Bila sudah dingin baru bisa dimasukkan setinggi leher botol. Kemudian direbus dalam keadaan terbuka selama 30 menit. Setelah itu botol segera ditutup Selanjutnya menuju kedalam proses pemasaran. Pemasaran biasa dijual dipasar, toko atau warung - warung



BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN
Dari hasil penelitian yang sudah dibahas, Kami dapat mengambil kesimpulan, bahwa kelezatan dan enak suatu kecap tergantung dari bahan – bahan, di dalam kecap terkandung gizi dan protein yang dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan manusia

Dan syukur allhamdulillah selama Kami melakukan penelitian dalam pembuatan laporan ini cukup berjalan dengan baik dan lancar.

3.2. SARAN
Kami sebagai penulis mengharapkan laporan ini karya tulis mengenai penelitian terhadap Pembuatan Kecap agar lebih dikembangkan, supaya dapat menjadi bacaan yang lebih baik.
Dan kami juga mengharapkan agar pembaca / masyarakat bisa 
mengkonsumsi kecap, karena mengandung gizi dan protein, supaya bisa meningkatkan gizi bangsa indonesia

BAB IV
DAFTAR PUSTAKA