Contoh Soal IPS Kelas X SMK Semester Ganjil





ULANGAN SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Satuan Pendidikan   : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian   : TKJ/TKR/AP
Mata Pelajaran        : IPS
Kelas                       : X
Kode                       : IPS/X/3.3/13
Alokasi Waktu        : 90 menit
Bentuk Soal            : PG dan ESSAY
Jumlah Soal            : 45 Soal

Petunjuk Umum :
  1. Isikan identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban (LJ) yang tersedia dengan menggunakan ballpoint.
  2. Beri tanda silang pada jawaban benar
  3. Tersedia waktu 90 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut
  4. Jumlah soal sebanyak 40 butir pilihan ganda dan 5 butir essay, pada setiap butir soal terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
  5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya
  6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak atau tidak lengkap
  7. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian, bila diperlukan
  8. Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP atau alat bantu hitung lainnya
  9. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian
  10. Lembar soal tidak boleh dicoret-coret

I. Berilah Tanda Silang (x) pada huruf a, b, c, d ataue di depan jawaban yang paling benar!


1.    Manusia adalah makhluk sosial, oleh karena itu manusia memiliki kecenderungan untuk....
a. memusuhi     d. menjadi berbeda
b. menguasai     e. menjalin interaksi
c. menyendiri

2.  lnteraksi sosial dapat terjadi walau kedua belah pihak tidak saling bertemu, berbicara, atau menukar tanda.
Tokoh yang mengungkapkan pernyataan di atas adalah…..
a. Gillin dan Gum            d. Selo Soemardjan
b. Soerjno Soekanto         e. Emil Salim
c. Emile Durkheim

3.  Secara etimologis, interaksi berasal dari istilah inter dan aksi. Dalam hal ini istilah aksi berarti………
a. tindakan                  d. perilaku
b. berbalas-balasan     e. menyentuh
c. berjabat tangan

4. Sesuatu yang kita merugikan diri sendiri dan tidak sesuai dengan kesopanan Iingkungan dinamakan….
a. imitasi positif    d. komunikasi
b. imitasi negatif    e. kooptasi
c. identifikasi

5. Jika ada seorang artis yang memakai rambut model terbaru kemudian diikuti oleh para siswa SMU dan anak muda, maka hal ini merupakan ...
a. sugesti     d. simpati
b. afeksi     e. identifikasi
c. imitasi

6. Kemampuan mengambil atau memainkan peran secara efektif dari seseorang terhadap orang lain dalam kondisi yang sebenar-benarnya, seolah-olah ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain tersebut, seperti rasa senang, susah, bahagia, sedih, dan sebagainya. Hal ini merupakan pengertian dari....
a. motivasi     d. simpati
b. imitasi        e. empati
c. sugesti

7. Pada saat mas Reski mendatangi pameran komputer, ia menawar sebuah produk komputer tetapi terjadi ketidakcocokan harga sehingga interaksi tidak berlangsung lama. Model interaks ini disebut...
 
a. interaksi kelompok     d. interaksi positif
b. interaksn individu     e. interaksi negatif
c. interaksi terbuka

8.    Ada pemaksaan kehendak kepada pihak tertentu terhadap pihak yang lemah disebut sebagai akomodasi           berbentuk ....
a. kompromi     d. arbitrasi
b. ajudikasi       e. mediasi
c. koersi

9.    Proses dimana orang perorangan atau kelompok yang mula-mula bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri disebut……….
a. kooperasi     d. akomodasi
b. asimilasi     e. akulturasi
c. kompetisi

10.    Suatu proses dimana individu atau kelompok yang dahulunya berbeda perhatian dan pandangan menjadi sama merupakan arti dari………….
a. asimilasi    d. bergaining
b. mediasi    e. akomodasi
c. asosiatif

11.    Kerjasama dibedakan menjadi beberapa bentuk kecuali……….
a. kerjasama spontan     d. kerjasama musiman
b. kerjasama kontrak     e. kerjasama langsung
c. kerjasama tradisional

12.    Hakikat proses sosialisasi adalah……….
a. penciptaan nilai-nilai dan norma-norma
b. mempelajari nilai dan norma di dalam masyarakat
c. penolakan terhadap nilai dan norma dari kelompok masyarakat lain
d. kebiasaan-kebiasaan individu dalam masyarakat
e. perpaduan antara nilai dalam suatu masyarakat

13.  Sosialisasi melalui media massa seperti televisi berdampak negatif atau positif, dampak positif misalnya ialah meningkatkan………..
a. pengetahuan         d. sikap konsumtif
b. sikap kekerasan    e. sikap pergaulan bebas
c. sikap brutal

14. Sosialisasi dalam kelompok lain atau kelompok bermain dilakukan dengan cara....
a. seseorang belajar membaca, menulis, dan berhitung
b. adanya penilaian bahwa sang anak adalah anak yang hebat
c. mempelajari pola interaksi dengan orang-orang yang sederajat dengan dirinya karena sebaya
d. dilakukan dalam lingkungan keluarga
e. dilakukan dalam Iingkungan sekolah

15.    Berikut ini merupakan contoh sosialisasi melalui media massa adalah….
a.  iklan produk-produk tertentu telah meningkatkan pola konsumsi atau bahkan norma yang berlaku di masyarakat
b.iklan produk-produk tertentu telah meningkatkan pola konsumsi atau bahkan gaya hidup masyarakat pada umumnya
c. penayangan berita-berita pembangunan
d. melakukan interaksi secana bebas dan tidak bebas
e. yang diserap anak pada masa tensebut menjadi ciri mendasar terhadap kepribadian anak pada waktu dewasa

16. Di bawah ini yang bukan merupakan agen sosialisasi, kecuali……….
a. keluarga                d. awan politik
b. teman bermain     e. media massa
c. sekolah

17.    Setiap kelompok    memiliki suatu pandangan tentang perilaku anggotanya, norma ini mengarah kepada…
a. interaksi individu        d. kedekatan lembaga
b. interaksi kelompok     e. kesamaan perilaku
c. sosialisasi hukum

18.    Lingkungan sekolah merupakan salah satu media sosialisasi, karena sekolah berfungsi sebagai…..
a. tempat pertemuan anak
b. memiliki berbagai fasilitas pendidikan
c. lembaga sosial
d. menyalurkan berbagai nilai dan norma sosial
e. penggantian peranan keluarga

19.    Hal-hal perlu kita waspadai dari adanya perbedaan tata nilai antar masyarakat adalah sebagai berikut, kecuali…
a. rekonsiliasi    d. permusuhan
b. perselisihan     e. peperangan
c. pertikaian

20.    Bila manusia mau berbuat sesuai dengan nilal dan norma yang berlaku, maka akan terwujud....
a. kehidupan yang lebih aman dan nyaman di dalam masyarakat
b. suasana kehidupan masyarakat yang lebih tertib dan aman
c. kondisi lingkungan yang sangat kondusif dalam masyarakat
d. terciptanya kehidupan keluarga dan masyarakat yang harmonis
e. martabat manusia sebagai makhluk berbudaya, sosial, dan religious

21.    Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang mengarah pada hal-hal yang menyangkut....
a. sesuatu yang dianggap baik dan buruk
b. sesuatu aturan yang mutlak
c. aturan tentang perilaku yang berulang-ulang
d. bagaimana orang bertingkah laku yang wajar
e. peraturan yang memaksa seseorang berperilaku sesuai dengan keginan pembuat aturan

22.    Dari berbagai macam norma yang ada dan tumbuh di dalam masyarakat, norma memiliki sanksi yang tegas dan nyata adalah norma……
a. agama     d. kesusilaan
b. kesopanan     e. adat
c. hukum

23.    Kelompok yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kepribadian seseorang dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu kelompok acuhan dan kelompok majemuk. Yang dimaksud kelompok majemuk adalah....
a. kelompok-kelompok tertentu yang dijadikan modal yang penting bagi gagasan atau norma-norma yang berlaku
b. mula-mula kelompok keluarga
c. kelompok yang dimiliki bayi selama masa-masa yang paling peka
d. keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, dan kebiasaan lainnya
e. kelompok yang menunjuk pada kenyataan masyarakat yang pada lebih beranekaragam

24.    Paul B. Harton berpendapat kepribadan tidak dibangun menyusun peristiwa di atas peristiwa lainnya dalam arti…
a. pada lingkungan keluarga yang sama tidak ada individu yang memiliki kepribadian yang sama
b. pada lingkungan keluarga yang sama akan melahirkan individu yang sama
c. arti dan pengaruh suatu pengalaman tergantung pada pengalaman-pengalaman yang mendahuluinya
d. kelompok-kelompok tertentu dijadikan model yang sangat penting
e. keluarga dijadikan modal yang sangat penting
25.    Sebagai media sosialisasi keluarga memiliki satu peranan penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Hal ini karena keluarga……..
a. merupakan tempat pertama anak mengenal lingkungan sekitar
b. merupakan agen kontrol sosial yang efektif
c. terbentuk dari perkawinan yang sah
d. terdiri atas ayah dan ibu
e. merupakan tempat memberikan kasih sayang dan perhatian kepada anak

26.    Orang tua Aldi sangat menyayangi Aldi. Ketika Aldi melakukan kesalahan ibunya senantiasa menasehatinya dengan penuh kasih sayang. Begitu pun saat Aldi melakukan tindakan yang terpuji ayah dan ibunya senantiasa menghargai tindakannya dengan memberikan pujian. Akibat didikan itulah Aldi menjadi anak yang baik dan sopan. Media sosialisasi yang berperan dalam pembentukan kepribadian di atas adalah ....
a. lingkungan sosial     d. guru di sekolah
b. teman bermain     e. masyarakat
c. keluarga

27.    Dibangunnya jaringan rel kereta api mendorong munculnya mobilitas penduduk dari satu kota ke kota lainnya, akibatnya terjadi arus urbanisasi. Hal ini merupakan salah satu dampak kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di bidang………
a. keamanan     d. sosial budaya
b. pendidikan     e. ekonomi
c. politik

28.    Semangat bangsa Eropa untuk merebut kota Jerusalem atas dorongan….
a. Paus Urbanus I     d. Paus Urbanus IV
b. Paus Urbanus II     e. Paus Urbanus V
c. Paus Urbanus III

29.    Dalam penjajahan kolonial Belanda fungsi perantara dalam perdagangan dipegang oleh orang-orang…..
a. timur asing     d. orang Inggris
b. orang Portugis     e. orang Jerman
c. orang Belanda

30.    Bangsa Belanda datang ke Indonesia pada mulanya untuk tujuan……..
a. menyiarkan agama    d. berdagang rempah-rempah
b. menjajah bangsa Indonesia    e. berperang
c. meneliti pulau-pulau yang ada di Asia

31.    Untuk menghindari persaingan antara orang-orang Belanda sendiri dalam perdagangan. Belanda mendirikan kongsi perdagangan yaitu.:..
a. Vereenighde Cost Indische Companie
b. East India Company
c. Vereenighde Oas Indiche Campagnie
d. East Verenigde Our Indische Campany
e. East India Indische Campagnie

32.    Tujuan dilakukannya pelayaran hongi adalah....
a. mendapatkan kekayaan sebanyak mungkin
b. memperluas daerah jajahan
c. mendapatkan rempah sebanyak mungkin
d. memukul mundur lawan-lawan dagang
e. mengawasi monopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia

33.    Setelah Belanda menghancurkan ekonomi pertanian di Pulau Banda, kemudian Belanda menerapkan sistem ekonomi…….
a. sama rata    d. adanya kesamaan hak
b. saling menghargai    e. monopoli
c. saling menguntungkan






34.    Berikut ini yang bukan merupakan penyebab kebangkrutan VOC adalah……..
a. biaya operasional yang terlalu mahal
b. ketatnya persaingan dagang dengan pedagang Eropa
c. banyak pemimpinnya yang tidak bertanggungjawab
d. banyak pegawainya yang korupsi
e. besarnya biaya perang melawan rakyat Indonesia

35.    Kedudukan Dendels sebagai gubernur jendral di Indonesia dicopot oleh Louis Napoleon pada tahun ....
a. 1811     d. 1814
b. 1812     e. 1815
c. 1813

36.    Pelopor sistem tanam paksa adalah ....
a. Jensens     d. J.P. Coen
b. Van den Sar     e. Daendels
c. Van den Bosh

37.    Berikut ini yang bukan merupakan penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaan tanam paksa adalah…..
a.     jika terjadi kegagalan panen, baik bukan karena kelalaian petani maupun disebabkan oleh petani ternyata semua ditanggung oleh petani
b.     jika terjadi kelebihan hasil tanaman, ternyata tidak dikembalikan kepada penduduk
c.     tanah yang diserahkan ternyata juga tidak bebas dari pajak
d.     bagi mereka yang bekerja di pabrik atau perkebunan ternyata lebih dari 1/5 tahun
e.     pelaksanaan tanam paksa sepenuhnya diserahkan kepada kepala desa

38.    Di bawah ini yang mematikan usaha-usaha kerajinan di Indonesia pada pemerintahan kolonial Belanda adalah…
a. kebijakan pemerintahan Belanda untuk kerja rodi
b. kebijakan pemerintah Belanda agar tidak membuat industri kerajinan
c. kebijakan pemerintah Belanda mengimpor hasil industrinya ke Indonesia
d. pembatasan kerja oleh kolonial Belanda
e. adanya larangan untuk menjual barang-barang ke pihak lain

39.    Berikut ini yang bukan merupakan sebab umum terjadinya perang Diponegoro adalah....
a. wilayah Mataram semakin dipersempit Belanda
b. Belanda ikut campur tangan dalam urusan pemerintahan seperti pengangkatan raja baru
c. para bangsawan merasa kecewa karena dilarang menyewakan tanahnya
d. pemasangan tiang pancang membuat jalan menuju ke Magelang terganggu
e. penderitaan rakyat akibat adanya berbagai macam pajak

40.    Berikut ini yang bukan merupakan sebab-sebab terjadinya perlawanan rakyat Maluku adalah ...
a. rakyat diberi jatah tanah
b. pemecatan terhadap guru-guru pribumi
c. rakyat dipaksa kerja rodi
d. kecurangan Belanda dalam pembuatan perahu
e. adanya pelayaran hongi

lI. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah in dengan baik dan benar!

1.    Jelaskan bentuk-bentuk akomodasi !
2.    Jelaskan latar belakang munculnya pergerakan Nasional!
3.    Jelaskan sejarah singkat Muhammadiyah!
4.    Sebutkan organisasi pergerakan nasiona; yang pertama lahir di Indonesia, jelaskan tujuannya!
5.    Jelaskan Tuntutan Sarikat Islam kepada Pemerintah Kolonial Belanda!

Lihat juga Contoh Soal Lainnya : Contoh Soal IPS Kelas XI SMK Semester Ganjil

0 Response to "Contoh Soal IPS Kelas X SMK Semester Ganjil"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya