Contoh Proposal Permohonan Bantuan Benih dan Pakan Udang Vannamei

ilustrasi kelompok tani

Dalam contoh proposal ini Saya akan membagikan salah satu contoh permohonan bantuan Benih dan Pakan untuk udang Vannamei. Permohonan Bantuan ini dilakukan oleh kelompok budidaya ikan di daerah. Permohonan bantuan ini terlebih dahulu diajukan melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan & Ketahanan Pangan di Masing - masing Wilayah. Dimana Proposal ini harus diketahui oleh penggerak kelompok tani, Camat, Kepala Desa dan Kepala Dinas Kelautan masing - masing daerah untuk selanjutnya diajukan permohonan bantuannya kepada Gubernur c/q Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi.

Dalam contoh kali ini juga Saya telah sertakan contoh Surat kepada kepala Dinas terkait masing - masing daerah untuk melakukan musyawarah dengan kelompok budidaya ikan.

Berikut ini Contoh Proposal Permohonan Bantuan Benih dan Pakan Udang Vannamei

I.    PENDAHULUAN
Perikanan budidaya udang di Kabupaten Pangandaran mempunyai potensi yang sangat besar dan sampai saat ini sudah dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha, dimana peluang yang dilihat dari luas lahan dan karateristiknya, potensi pasar, serta kajian analisa ekonominya sangatlah mendukung untuk digali dan dikembangkan lebih lanjut oleh kelompok budidaya ikan payau / tambak Samudra Abadi
Udang Vannamei adalah merupakan komoditas produk hasil budidaya yang mempunyai nilai ekonomi sangat tinggi karena merupakan salah satu andalan supplai domestik &  ekspor hasil maritim  yang sedang digalakan Pemerintah, dalam hal ini Departemen Kelautan dan Perikanan RI.

Pembudayaan Udang Vannamei di daerah Pesisir Pangandaran sebenarnya sudah lama diusahakan oleh para petambak, namun dari waktu ke waktu mengalami banyak kemajuan, karena keterbatasan biaya untuk pengembangannya, dengan permintaan pasar yang ada tidak bisa dipenuhi semua, maka membuka peluang kerjasama untuk menciptakan peluang usaha meningkatkan produktifitas budidaya dalam pemenuhan supplai udang Vannamei  sehingga keuntungan yang bisa meningkat dari peluang ini, dan secara bertahap pangsa pasar yang ada bisa terpenuhi sampai kepada pengembangan usaha hulu dan hilir bisinis udang Vannamei.
Project  dan kerangka kerjasama ini kami mengajak Balai, Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat (BPIAPL) Pangandaran dalam budidaya Udang Vannamei menjadi mitra yang mempunyai visi & misi yang sama, berkomitmen, integritas yang tinggi. Dengan peluang keuntungan yang cukup besar dan manajemen risiko yang terukur, tercatat sebagai sumber bahan analisa dan aplikasi pengembangan usaha untuk mencapai keuntungan. kami didukung oleh peran sumber daya manusia sebagai tenaga profesional yang menjadi faktor asset penting yaitu tekhnisi  budidaya perikanan yang berkompeten dengan pengalaman selama ini telah mencapai kemajuan yang signifikan. Dengan ilmu dan pengalaman kami telah berhasil mengembagkan sebuah sistem dan teknis yang mampu mengukur tingkat keuntungan dan memajemen risiko (losst profit).

Dengan proposal ini kami mengajak balai untuk bersama mengembangkan usaha budidaya udang Vannamei dengan project dan kerangka kemitraan yang kami sesuaikan dengan pengalaman dan peluang yang bisa dicapai bersama sesuai dengan tujuan kami menjadikan Kelompok yang bisa mencapai sumber peluang lainya di bisnis maritim.

II.  DASAR PEMIKIRAN
Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu wilayah yang memiliki daerah perairan yang cukup luas, hal tersebut tentunya merupakan kesempatan/peluang bagi Kami Kelompok Budidaya Ikan / Tambak Samudra Abadi untuk mencoba peruntungan melalui Budidaya Udang Vanamei. Keinginan kami juga tentunya tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari Dinas terkait untuk memberikan penyuluhan/pendampingan kepada Kelompok Budidaya Samudra Abadi. 
..................................................Selengkapanya bisa download dibawah ini

Surat undangan musyawarah kepada dinas - dinas terkait untuk mengetahui tentang kelompok yang akan mengajukan permohonan bantuan ke Provinsi. Surat - suraty ini diantaranya, surat ke Camat, Kades, dan Kepala Dinas Kelautan di daerah masing - masing

 ..................................................Selengkapanya bisa download dibawah ini
DOWNLOAD

Bila semua dokumen sudah dibuat maka tinggal membuat format surat permohonan bantuan ke Provinsi. Berikut ini contoh Surat Permohonan Bantuan Benih dan Pakan ke Gubernur/Provinsi

KOP SURAT KELOMPOK 
 
                                                                                         Pangandaran, 19 April 2017
 No    : 01/Kel.SA/V/2017                                             Kepada Yth: Gub. Prov. Jabar
Lampiran   : 1 (satu) eksemplar
Perihal :        Permohonan Bantuan Benih dan Pakan
                        Udang Vannamei                               Kep. Dinas Kelautan & Perikanan Prov Jabar

                                                                                      di –
                                                                                                     Bandung

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kami kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Samudra Abadi Dusun Balengebeng RT 002/001 Desa Margacinta Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran pada saat ini sedang mengembangkan usaha pembesaran Udang Vannamei namun masih kesulitan dalam meningkatkan produksi karena masih terbatasnya permodalan kelompok. Maka bersama ini kami mengakukan proposal permohonan Benih udang Vannamei sebanyak 500.000 ekor dan Pakan sebanyak 4.500 kg untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pembesaran udang galah dikelompok kami.

Besar harapan kami agar dapat kiranya mengabulkan permohonan kami sebagaimana terlampir dalam proposal ini. Bantuan benih udang Vannamei dan pakan tersebut akan kami manfaatkan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pembesaran udang vannamei di kelompok kami, sehingga dapat meningkatkan produksi perikanan budidaya dan meningkatkan pendapatan anggota kelompok khusunya dan masyarakat pada umumnya.

   
Demikian proposal ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya, kami ucapak terima kasih

    Wassalamu’alaikum wr. wb
 
  ..................................................Selengkapanya bisa download dibawah ini

1 Response to "Contoh Proposal Permohonan Bantuan Benih dan Pakan Udang Vannamei"

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya