Makalah Sistem dan Struktur Politik Ekonomi di Indonesa



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
 
Orde baru merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk memisahkan antara kekuasaanmasa Sukarno (Orde Lama) dengan masa Suharto. Sebagai masa yang menandai sebuah masa baru setelah pemberontakan Gerakan 30 September tahun 1965. Orde baru lahir sebagai upayauntuk: mengoreksi total penyimpangan yang dilakukan pada masa Orde Lama, penataan kembali seluruh aspek kehidupan rakyat, bangsa, dan negara Indonesia,melaksanakan Pancasila dan UUD1945 secara murni dan konsekuen dan menyusun kembali kekuatan bangsa untuk menumbuhkan stabilitas nasional guna mempercepat proses pembangunan bangsa.

Setelah Orde Baru memegang talpuk kekuasaan dan mengendalikan pemerintahan, muncul suatu keinginan untuk terus-menerus mempertahankan status quo. Hal ini menimbulkan ekses-ekses negative, yaitu semakin jauh dari tekad awal Orde Baru tersebut. Akhirnya berbagai macam penyelewengan dan penyimpangan dari nilai-nilai Pancasila dan ketentuan-ketentuan yang terdapat pada UUD 1945, banyak dilakukan oleh pemerintah Orde Baru. Penyelewengan dan penyimpangan yang dilakukannya itu direkayasa untuk melindungi kepentingan penguasa, sehingga hal tersebut selalu dianggap sah dan benar, walaupun merugikan rakyat.

B. Rumusan Masalah
  1. Bagaimana masa transisi 1966-1967?
  2. Bagaimana aksi-aksi tritura?
  3. Apa isi surat perintah sebelas maret?
  4. Bagaimana dualisme kepemimpinan nasional?

C. Tujuan Makalah
  1. Untuk mengetahui masa transisi 1966-1967?
  2. Untuk mengetahui aksi-aksi tritura?
  3. Untuk mengetahui surat perintah sebelas maret?
  4. Untuk mengetahui dualisme kepemimpinan nasional?
Untuk lebih lengkapnya tentang Makalah Sistem dan Struktur Politik Ekonomi di Indonesa, Anda dapat mendownloadnya dibawah ini


0 Response to "Makalah Sistem dan Struktur Politik Ekonomi di Indonesa"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya