Apakah perjuangan Kaum Buruh itu termasuk kepentinganumum, pribadi atau kelompok ?


Apakah perjuangan Kaum Buruh itu termasuk kepentinganumum, pribadi atau kelompok ?

Jawaban :

Unjuk rasa atau pemogokan pada dasarnya terjadi karena adanya ganjalan atau ketidakharmonisan hubungan antara pekerja dan pengusaha.Adanya tuntutan yang diajukan pekerja, yang tidak ditanggapi atau tidak dapat dipenuhi oleh pengusaha, seringkali menimbulkan gejolak dan konflik yang diikuti unjuk rasa dan pemogokan. 


Demokrasi hanyalah alat untuk menciptakan kesejahteraan, sehingga demokrasi itu sendiri bukanlah tujuan. Kesejahteraan itulah yang merupakan tujuan hakiki dari berbangsa yang sebenarnya. Demokrasi tanpa partisipasi aktif masyarakat akan menciptakan demokrasi yang cacat, bahkan mengarah pada kegagalan. Sumbangsih, partisipasi masyarakat, termasuk elemen buruh, adalah langkah menuju berhasilnya goal sebuah bangsa atau negara.


Seluruh aspirasi itu merupakan tuntutan mendasar yang menjadi bagian dari cita-cita mereka menuju buruh yang lebih sejahtera. Dalam merespons tuntutan tersebut, pemerintah dan pengusaha hendaknya memandang kaum buruh sebagai salah satu elemen terpenting dalam mata rantai proses menuju kesejahteraan bangsa, sehingga untuk mewujudkannya tidak mungkin dilakukan secara parsial.

Karena itu, diperlukan sikap yang bijak antara buruh, pengusaha, dan pemerintah dalam pengelolaannya, mulai dari membentuk perundang-undangan yang berorientasi pada kepentingan buruh dan pengusaha agar seimbang sampai pada penopang perselisihan antara buruh dan pengusaha.

Jika dilihat dari pembahasan diatas maka unjuk rasa buruh terebut merupakan sesuatu yang dilakukan berdasarkan kepentingan umum, namun tidak sedikit orang – orang yang tidak bertanggung jawab menunggangi kaum buruh untuk berdemo hanya yntuk kepentingan pribadi dan golongan atau bisa lebih kepada kepentingan politik.


0 Response to "Apakah perjuangan Kaum Buruh itu termasuk kepentinganumum, pribadi atau kelompok ?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya