Contoh Proposal Permohonan Bantuan Sosial Fasilitasi Komunitas Budaya


1. Latar Belakang

Permasalahan negeri ini bukan saja disebabkan oleh permasalahan politik,ekonomi,sosial dll. Namun hal yang paling mendasara adalah hilangnya jati diri bangsna indonesia. Hal tersebut dapat kita lihat dari paradigma masyarakat terhadap tradisi dan budaya sekitar, yang mulai acuh dan nilai budaya daerah tergeserkan oleh budaya modern. Padahal dengan budaya lah kita besar dan dengan budaya pula bangsa kita memiliki kepribadian dan karakter yang khas.

Budaya daerah merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang sangat berharga. Sehingga keberadaannya sangat memerlukan perhatian yang khusus dari masyarakat atau pemerintah daerah setempat untuk tetap menjaga dan melestarikannya. Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI, Salah satu elemen yang di harapkan masyarakat lingkung Seni, harus marnpu melihat realita ini dan mengangkat nilai-nilai budaya daerah tesebut menjadi suatu kekayaan budaya hangsa.

Beranjak dari pemaparan diatas, maka kita sebagai masyarakat Jawa Barat tentu saja memiliki tanggung jawab yang besar untuk melestarikan budaya sunda yang merupakan jati diri masyarakat Jawa Barat, mengingat tradisi dan budaya tersebut dari waktu ke waktu kian memudar. Oleh karena itu kami Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI berusaha untuk senantiasa berperan aktif dalam melestarikan dan mengembangkan budaya sunda sesuai dengan kemampuan yang kami miliki.

Dengan demikian kami herharap penanaman rasa cinta terhadap budaya daerah menjadi suatu hal yang nyata dan bukan tidak mungkin menjadi sebuah kekuatan untuk menyelesaikan segala permasalahan di Negeri ini.


2. Tujuan
Dengan adanya program bantuan Peralatan Bantuan Sosial Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat ini dapat membina dan meningkatkan kemampuan atau keterampilan masyarakat di bidang Seni Budaya dengan kegiatan penyiapkan seniman yang produktif melalul pasilitas peralatan musik tradisional.
Adapun tujuan bantuan peralatan ini adalah :
  • Mengaktualisasikan nilai-nilai tradisi kepada generasi muda.
  • Melestarikan kesenian tradisional budaya sunda ditengah hiruk pikuknya kesenian modern.
  • Menunjang program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisata ke Pantai Pangandaran pada khususnya dan Jawa Barat pada umumnya.
  • Menanamkan nilai-nilai pendidikan kepada generasi muda melalui pertunjukan dan khasanah falsafah adat Sunda.
3. Bentuk bantuan
Peralatan alat musik tradisional seni sunda dan bangunan sanggar

4. Kemanpaatan
Manpaat langsung :
  • dapat di gunakan dan dimainkan oleh anggota sanggar baik anggota sanggar maupun masyarak sejitar
  • bisa belajar secara langsung sampai bisa
manpaat tidak langsung :
  • menambah keahlian di bidang seni
  • dapat menghasilkan dari segi ekonomi di bidang jasa seni
  •  ikut menyukseskan dalam pelestarian seni budaya

5. Tahapan kegiatan


  • Tahap 1 pertemuan sosialisasi Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI ( tentang bantuan sosial dan rencana pengajuannya).
  • Tahap 2 pertemuan antar pengurus Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI, untuk mengidentifikasi kebutuhan Komunitas Budaya Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI, yang bisa di ajukan kepada pemerintah melalui Kemendikbud yaitu peralatan seni musik budaya sunda.
  • Tahap 3 pertemuan pengurus Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI, untuk pembagian tugas dan menyusun proposal dan rencana pembiayaan (biaya yang di gunakan nntuk menyusun proposal dan syarat-syarat kelengkapannya)
  • Tahap 4 mengurus kelengkapan syarat-syarat formal kelembagaan (Akte Notaris, NPWP, Rek Bank)
  • Tahap 5 sosialisasi kembali kepada warga Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTIKA PAKSI, tentang informasi jumlah bantuan yang telah disetujui, dan strategi dalam penggunaanya sesuai dengan rencana biaya yang telah diajukan.
  • Tahap 6 melakukan pembelian alat alat music seni sunda
  • Tahap 7 menggunakannya
  • Tahap 8 menyusun laporan

6. Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan

Target jumlah anggota Komunitas Komunitas Budaya Lingkung Seni MUSTlKA PAKSI yang ikut dalam pertemuan sosialisasi, target adalah 100 anggota komunitas yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi pertemuan awal

7. Jadwal Kegiatan Bulanan
Untuk Lebih Jelas dan Lengkapnya, Anda bisa mengunduh dokumen terkait Contoh Proposal Bantuan Sosial Fasilitasi Komunitas Budaya dibawah ini


2 Responses to "Contoh Proposal Permohonan Bantuan Sosial Fasilitasi Komunitas Budaya"

  1. Maaf saya mau mengajukan permohonan pembelian alat2 kesebian suda saya bergerak di bidang senisunda calung, hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di blog ini, pakai laptop, dibagian formulir form pencariannya, coba ketik : permohonan bantuan alat2 marching band, nanti tinggal edit aja jadi alat2 kesenian sunda..
      Terima kasih

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya