Penyebab Penyakit Enfisema dan Cara Mengobatinya



A. FUNGSI PARU-PARU
Fungsi paru paru adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darahdan mengalirkannya keseluruh organ tubuh yang lain. Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. .
Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Arti sistem pernafasan sendiri merupakan sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.

B. PENYAKIT ENFISEMA
Emfisema didefinisikan sebagai suatu distensi abnormal ruang udara diluar bronkiolus terminal dengan kerusakan dinding alveoli. (Bruner & Suddarth, 2002)
Emfisema merupakan gangguan pengembangan paru-paru yang ditandai oleh pelebaran ruang udara di dalam paru-paru disertai destruksi jaringan (WHO).

C. PENYEBAB

Gejala
Pada awal gejalanya serupa dengan bronkhitis Kronis, Napas terengah-engah disertai dengan suara seperti peluit, Dada berbentuk seperti tong, otot leher tampak menonjol, penderita sampai membungkuk, Bibir tampak kebiruan, Berat badan menurun akibat nafsu makan menurun, Batuk menahun.
Komplikasi
Sering mengalami infeksi ulang pada saluran pernapasan, Daya tahan tubuh kurang sempurna, Proses peradangan yang kronis di saluran napas, Tingkat kerusakan paru makin parah.

D. CARA PENCEGAHAN/MENGOBATI
1. Berhenti merokok
2. Patuhi perturan keamanan di tempat kerja seperti memakai masker.
3. Konsultasi ke dokter
4. Minum obat untuk mengatasi kesulitan bernapas (resep dokter)
5. Bila anda merokok, berhenti merokok untuk seterusnya
6. Menurunkan berat badan.

0 Response to "Penyebab Penyakit Enfisema dan Cara Mengobatinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan, bila ada kesulitan silahkan bertanya